RI Setop Ekspor Batu Bara, China Bakal Gelap Gulita?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 04 Jan 2022 10:25 WIB
Harga batu bara belum beranjak jauh dari level terendahnya. Selasa (3/11) harga batubara kontrak pengiriman Desember 2015 di ICE Futures Exchange bergerak flat dibanding sehari sebelumnya di US$ 53,15 per metrik ton. Rachman Haryanto/detikcom.
Ekspor Batu Bara/Foto: Rachman Haryanto

Namun Kementerian ESDM menyebut jika langkah ini dilakukan demi mengamankan pasokan energi nasional yang stoknya makin menipis. Memang China merupakan pengguna dan importir batubara terbesar di dunia. Indonesia adalah salah satu negara pemasok untuk China yang paling besar.

Sebelumnya China juga bermitra dengan Australia untuk pemenuhan batu bara ini. Namun adanya konflik geopolitik membuat Indonesia menjadi negara sumber batubara China. Dari data Bea Cukai China, sejak akhir November 2021 impor batu bara dari Indonesia ke China lebih dari 60%.

Selain itu China juga merupakan penambang bahan bakar terbesar di dunia. Dengan kurangnya pasokan batu bara ini akan berpotensi membuat pasokan listrik terbatas. Pada Oktober lalu pemerintah langsung merespon dengan kebijakan untuk mendorong produksi domestik.


(fdl/fdl)