Terungkap! Ini Alasan Shell Tak Lagi Jual Bensin Setara Pertalite

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 04 Jan 2022 11:44 WIB
PT Shell Indonesia kembali membuka jaringan di Jatim, kali ini 2 SPBU di Surabaya dan 2 SPBU di Sidoarjo
Foto: Dok. PT Shell Indonesia
Jakarta -

Shell Indonesia telah menghapus BBM Shell Regular dalam daftar jualannya. BBM tersebut memiliki RON 90 atau setara dengan Pertalite milik PT Pertamina (Persero).

Corporate Communications Shell Indonesia, Edit Wahyuningtyas menjelaskan, langkah ini sebagai upaya perusahaan mempercepat transisi bisnis menuju emisi nol. Hal ini juga dilakukan untuk mendukung program pemerintah.

"Secara global, Shell mencanangkan strategi Powering Progress yang bertujuan untuk mempercepat transisi bisnis Shell menjadi bisnis dengan emisi nol bersih pada 2050. Sejalan dengan strategi ini dan dalam upaya mendukung agenda transisi energi pemerintah Indonesia, Shell berfokus menghadirkan BBM dengan nilai oktan yang lebih tinggi dengan emisi karbon yang lebih rendah untuk para pelanggan," katanya kepada detikcom lewat pesan singkat, Selasa (4/2/2021).

Maka itu, dia mengatakan, Shell menghentikan penjualan BBM Shell Regular sejak September 2021.

"Oleh karena itu, sejak September 2021, Shell telah menghentikan penjualan BBM Shell Regular," katanya.

Saat ditanya apakah penghentian penjualan Shell Regular ini terkait dengan ketentuan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Edit hanya mengatakan, pihaknya mengedepankan kepatuhan terhadap peraturan yang ada. Untuk diketahui, Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Nomor P20/Menlhk/Setjen/Kum1/3/2017 mengatur ketentuan bensin dengan RON minimal 91.

"Dalam setiap pengambilan kebijakan, Shell tentunya mengedepankan kepatuhan terhadap peraturan yang ada," katanya.

Simak video 'Premium-Pertalite Bakal Dihapus, Apa Semua Motor Cocok Pakai Pertamax?':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)