PLN Pasok Listrik ke Stadion Kebanggaan Anies

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 07 Jan 2022 20:30 WIB
Suasana pencahayaan Jakarta International Stadium (JIS)  di Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (11/12/2021). JIS dirancang dengan tata cahaya sesuai standar FIFA, sehingga selain untuk pertandingan sepak bola juga siap untuk berbagai acara hiburan seperti konser musik, dan pembangunannya sudah mendekati 90 persen yakni 87,85 persen. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Jakarta -

PT PLN (Persero) memasok listrik sebesar 5.540.000 volt ampere (VA) atau setara 5,54 megavolt ampere (MVA) untuk menghidupkan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Stadion yang digarap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ini merupakan yang terbesar di Indonesia dan menjadi ikon baru ibu kota negara.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya (UID Jaya) Doddy B Pangaribuan mengatakan PLN bersama dengan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) membangun gardu distribusi khusus untuk mengalirkan listrik ke JIS.

"Dengan berdirinya gardu ini, maka ikon baru Ibu Kota ini sudah dapat beroperasi dengan optimal," kata melalui keterangan tertulis dikutip detikcom, Jumat (7/1/2022).

Perusahaan listrik negara itu juga siap menyediakan Renewable Energy Certificate (REC) untuk stadion berkapasitas 82 ribu penonton ini. REC merupakan instrumen yang merepresentasikan atribut energi baru terbarukan (EBT) dari setiap Mega Watt hours (MWh) listrik yang diproduksi oleh pembangkit EBT PLN.

Dengan menggunakan REC, JIS dapat membuktikan bahwa energi yang mereka gunakan berasal dari pembangkit listrik berbasis EBT yang diaudit oleh sistem tracking internasional, APX TIGRs yang berlokasi di California, USA.

Bersambung ke halaman selanjutnya.