Keran Ekspor Dibuka, Luhut Pastikan 37 Kapal Angkut Batu Bara RI

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 12 Jan 2022 22:15 WIB
Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Foto: Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan (YouTube Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menkomarinves) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan ekspor batu bara Indonesia dibuka bertahap. Kali ini 37 kapal siap berlayar mengangkut batu bara ke negara-negara importir.

"37 kapal yang sudah diisi dengan batu bara dan siap ekspor hari ini, siap rilis dan mulai jalan," kata Luhut kepada wartawan di kantor Kemenkomarves dikutip detikcom dari CNNIndonesia, Rabu (12/1/2022).

Luhut juga memastikan larangan ekspor batu bara yang semula ditetapkan hingga31 Januari, mulai dibuka secara bertahap. Kebijakan ekspor berlaku setelah perusahaan batu bara memenuhi kewajiban Domestic Market Obligation (DMO).

Melalui DMO perusahaan wajib memasok batu bara ke PLN sebesar 25% dari total produksi per tahun dengan harga US$ 70 per metrik ton.

"Ekspor secara bertahap akan mulai berjalan, asal sudah terpenuhi kewajiban dia (perusahaan batu bara) DMO-nya," terang mantan Menko Polhukam itu.

Luhut pun memastikan bahwa ketersediaan pasokan batu bara untuk pembangkit listrik milik PLN aman untuk 20 hari ke depan.

"Aman, nggak akan ada pemadaman jadi untuk yang dekat 15 hari cadangan sudah (terpenuhi), yang jauh 20 hari cadangan sudah terpenuhi," jelasnya.

Simak video 'Kembali Buka Ekspor Batu Bara, Luhut Minta PLN Lebih Efisien':

[Gambas:Video 20detik]



Berita selengkapnya langsung cek di sini

(hns/hns)