Jawab Kabar Premium Dihapus, ESDM Sebut Pertalite Bakal 'Disubsidi'

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 12:22 WIB
Warga membeli bbm subsidi jenis premium di SPBU Pertamina, Otista, Jakarta Timur, Jumat (15/11/2019). Pertamina berharap penyaluran BBM Bersubsidi tepat sasaran. Sebab yang terjadi di lapangan hingga kini BBM Bersubsidi masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat yang secara ekonomi tergolong mampu.
BBM Premium/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) buka suara mengenai kabar penghapusan BBM Premium. Kementerian ESDM menyatakan, konsumsi Premium hanya sedikit dan akan 'ditinggal' secara alami.

"Nah itu akan secara natural akan habis, kemudian Pertalite yang akan muncul," kata Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadjia dalam konferensi pers, Rabu (19/1/2022).

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Kementerian ESDM Soerjaningsih mengatakan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 117 Tahun 2021 dijelaskan, di dalam Pertalite ada komponen Premium.

Lanjutnya, pemerintah mengharapkan adanya perbaikan kualitas BBM. Di sisi lain, pemerintah tetap menjaga daya beli masyarakat.

Maka itu, nantinya Pertamina mendapat kompensasi dari penyaluran Pertalite.

"Terkait terhadap BBM yang saat ini beredar di masyarakat, Pertalite itu nanti Pertamina akan mendapatkan kompensasi," ujarnya.

(acd/ara)