Erick Thohir Bentuk Subholding, Bos PLN: Harus Berubah Jadi Lincah

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 19 Jan 2022 15:39 WIB
Dirut PLN Darmawan Prasodjo
Foto: Iswahyudi / 20detik)
Jakarta -

Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo merespons rencana pembentukan subholding PLN oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Pria yang akrab disapa Darmo itu menjelaskan berdasarkan arahan Erick Thohir bahwa transformasi PLN bukan untuk meliberalisasi sektor ketenagalistrikan, melainkan menyikapi tantangan transisi energi, disrupsi teknologi, krisis energi, dan peluang energi terbarukan yang melimpah di Indonesia.

"PLN harus mengubah dari organisasi yang lambat, dari organisasi yang bisnis prosesnya itu kompleks menjadi suatu organisasi yang lincah, yang dinamis, yang mampu mengubah agar tantangan ini bisa menjadi suatu kesempatan," katanya di Kantor Kementerian BUMN, Rabu (19/1/2022).

Erick, lanjut dia, meminta PLN untuk menyiapkan berbagai hal terkait keorganisasian. Dia menjelaskan pihaknya memiliki yang namanya project management office yang berjalan harian, yang setiap 2 minggu sekali memberikan laporan.

Targetnya di pertengahan tahun 2022 ini akan diluncurkan virtual holding PLN dan akhir tahun akan dirampungkan urusan legal dan operasionalnya.

"Tujuan dari Pak Menteri adalah at the end of the year, di akhir tahun ini akan difinalisasi baik itu secara legal maupun operasional, kemudian 6 bulan sebelumnya ada launching namanya virtual organization di mana walaupun legalnya belum final tetapi sudah berjalan operasional," jelas Darmo.

Pada intinya pihaknya setuju dengan rencana pembentukan subholding PLN. Subholding yang akan dibentuk terdiri dari subholding pembangkit listrik yang nantinya mengkonsolidasikan semua pembangkit listrik milik PLN dan segala infrastruktur turunannya. Lalu nanti ada subholding yang fokus bisnisnya di luar kelistrikan namun dengan memanfaatkan aset-aset milik PLN, misalnya saja fiber optic untuk bisnis mobile.

Sementara itu PT PLN (Persero) berlaku sebagai holding yang fokus pada jaringan transmisi, pelayanan dan pemasaran.

"Kami sangat bangga dengan arahan yang sangat strategic, berorientasi jauh ke depan ini. Untuk itu saya Dirut PLN dan jajaran dengan seluruh kekuatan yang ada di dalam PLN sangat senang sekali dan bangga dengan arahan ini dan siap menjelaskan tugas tersebut," tambahnya.

(toy/eds)