Mengintip Kinerja BUMN Tambang di Tengah Pandemi

Dana Aditiasari - detikFinance
Senin, 24 Jan 2022 13:32 WIB
Emas merupakan komoditas berharga simbol kekayaan dan kemewahan di hampir setiap budaya manusia. Yuk intip potret pekerja tambang emas antam di Gunung Pongkor.
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Pekan lalu, saham emiten tambang, PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) memantul dengan cukup tinggi, yakni naik 12,17 persen atau 210 poin ke level 1935.

Pengamat Pasar Modal Satrio Utomo mengapresiasi kenaikan saham tersebut. Menurutnya, dengan kenaikan signifikan itu, maka saham Antam menjadi stabil, terutama setelah mengalami penurunan di awal tahun 2022 ini.

Atas dasar itu, menurut Satrio, saat ini merupakan waktu yang menarik dan tepat untuk berinvestasi saham Antam. Stabilitas saham ini menurutnya, merupakan peluang bagi investor untuk memiliki saham Antam, karena memiliki prospek yang positif.

"Kalau invesment saham Antam sekarang menarik, terutama setelah kemarin ada kenaikan cukup tinggi sampai 1900," kata Satrio kepada wartawan, Senin, 24 Januari 2022.

Satrio menilai, dengan harga saham yang terjadi kenaikan, ditambah kinerja perusahaan yang positif, hal itu menjadi nilai plus, terutama dalam menganalisis fundamental perusahaan. Fundamental ini didapat dengan melihat price to earning ratio (PER) dan price to book value-nya (PBV).

"Jadi saat ini, fundamental lumayan bagus. PER normal, kalau harga segini Antam cukup normal. Tidak ketinggian, tidak mahal, tidak murah, net profit margin, utang terkendali. Semuanya bagus. Bahkan bersaing dengan Inco, lebih bagus Antam," jelas dia.

Apa sih yang bikin harga saham Antam melonjak? Simak analisa lengkapnya di halaman selanjutnya.