ADVERTISEMENT

Gempa Banten Terasa hingga Jakarta, Tak Ada Pemadaman Listrik

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 19:05 WIB
PLN mengerahkan petugas untuk memastikan kesesuaian tagihan rekening listrik penggunanya.
Ilustrasi/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Gempa magnitudo (M) 5,5 mengguncang Banten dan terasa hingga Jakarta. Atas insiden itu, PT PLN (Persero) melaporkan kondisi kelistrikan di Jawa-Madura-Bali dalam kondisi aman.

"Kami informasikan, kondisi kelistrikan Sistem Jawa Madura Bali dalam kondisi aman," kata Executive Vice President Komunikasi Korporat dan CSR PLN, Agung Murdifi kepada detikcom, Jumat (4/2/2022).

Setelah mengetahui gempa mengguncang Banten, pihaknya langsung bergerak melakukan pemeriksaan kepada infrastruktur kelistrikan di wilayah setempat. Hasilnya, semua kondisi aman dan sementara dipastikan tidak ada pemadaman listrik.

"Sementara di Banten Selatan tidak ada info padam atau aset rusak akibat gempa, Jakarta aman," tutur Agung berdasarkan laporan dari lapangan.

Untuk memastikan lebih lanjut, PLN langsung menurunkan tim guna memastikan semua infrastruktur kelistrikan terutama di wilayah Banten tetap beroperasi. Hingga saat ini PLN berupaya tetap memasok kelistrikan yang andal bagi masyarakat.

"Kami juga mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk melapor melalui aplikasi PLN Mobile atau menghubungi Contact Center PLN 123 apabila terdapat gangguan kelistrikan yang dialami di sekitarnya," pungkas Agung.

Sebelumnya diberitakan bahwa gempa di Banten berkekuatan M 5,5 tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Meski begitu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta masyarakat mewaspadai gempa susulan.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG melalui situs resminya.

Gempa dilaporkan terjadi pada pukul 17.10 WIB. Titik koordinat gempa 7,48 LS-105,92 BT atau 71 km arah barat daya dari Bayah, Banten. "Kedalaman 10 km," tulis BMKG.

Simak Video 'Gempa M 5,5 Guncang Banten, Terasa Hingga Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT