ADVERTISEMENT

Lifting Digenjot, Pipa Duri-Dumai 63,5 Km Salurkan Minyak dari Rokan

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Sabtu, 05 Feb 2022 19:10 WIB
Pipa minyak Duri-Dumai 63,5 kilometer beroperasi
Foto: Dok. SKK Migas: Pipa minyak Duri-Dumai 63,5 km beroperasi
Jakarta -

Untuk mengejar target lifting minyak, SKK Migas bersama Pertamina Hulu Rokan (PHR) dan Pertagas melaksanakan penyaluran minyak perdana Duri Crude Oil (DCO) dari CGS-10 Duri. Penyaluran tersebut melalui pipa baru ukuran 20" sampai ke Dumai Station dengan jarak kurang lebih 63,5 kilometer (km).

Pipa Baru Rokan, yang dibangun dan dioperasikan oleh Pertagas ini merupakan salah satu fasilitas yang diharapkan dapat membantu PHR menyalurkan minyak dari WK Rokan dan juga WK-WK yang lain di sekitarnya menuju terminal akhir di Dumai untuk di-lifting.

Partial Switching dari CGS 10 telah dilakukan 27-31 Januari 2022 dan diharapkan untuk segmen-segmen pipa yang lain dapat dilakukan segera sehingga stock di pipa lama dapat dikuras dan di-lifting untuk menunjang pencapaian target lifting nasional tahun 2022 sebesar 703 ribu barel/hari. Pada 31 Januari 2022 pukul 00.41 WIB, DCO yang dipompakan telah sampai di Dumai Metering Station.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas A Rinto Pudyantoro menjelaskan instalasi pipa Baru Rokan dioperasikan dan dipelihara oleh Pertagas.

"PHR sebagai operator di sektor hulu WK Rokan bisa lebih fokus untuk program-program peningkatan produksi dan lifting minyak dari WK Rokan sehingga target lifting sesuai APBN dan target jangka panjang 1 juta barrels per hari tahun 2030 dapat tercapai," terang Rianto dalam keterangan tertulis SKK Migas, Sabtu (5/2/2022).

Bersambung ke halaman berikutnya. Langsung klik

Tonton juga Video: Momen Evakuasi Ibu Hamil di Tengah Kepungan Banjir di Riau

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT