ADVERTISEMENT

Tak Cuma Genjot Produksi, Tambang Pelat Merah Wajib Jamin Keselamatan Kerja

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 13 Feb 2022 21:33 WIB
Merasakan sensi memasuki lorong tambang emas di Gunung Pongkor, Jawa Barat sungguh menakjubkan. Di perut bumi inilah logam mulia itu dihasilkan.
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

PT Aneka Tambang Tbk (Antam) sebagai salah satu BUMN tambang bukan hanya diwajibkan untuk mendorong produksinya, tapi faktor keselamatan kerja juga harus dijaga. Target zero fatality pun harus tercapai.

Pada 2021 BUMN ini telah mencapai zero fatality. Di tahun ini Antam juga menargetkan bisa zero fatality dengan meningkatkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3).

Direktur Utama Antam Nicolas Kanter mengatakan komitmen ini juga sejalan dengan penguatan K3 di seluruh elemen kegiatan operasional.

"Kami terus meningkatkan kompetensi dari tim yang menggawangi K3 di perusahaan dan seluruh elemen pegawai di Antam, melalui berbagai pelatihan dan program Antam Safety Resilient. Inilah yang menjadi faktor utama kesuksesan dalam mencapai zero fatality di tahun 2021," kata Nico dalam keterangan tertulisnya, Minggu (13/2/2022).

Nico menuturkan, di tahun 2021 Antam mampu mencatatkan zero fatality di unit operasi dan anak perusahaan. "Atas capaian tersebut, kami meyakini di tahun ini Antam akan mampu kembali mencatatkan zero fatality dan menekan kecelakaan kerja yang terjadi di lingkungan perusahaan," tambahnya.

Guna mewujudkan target zero fatality di tahun 2022, dalam gelaran bulan K3 yang dilakukan di seluruh wilayah operasinya, Antam pun melakukan berbagai kegiatan untuk meningkatkan awareness pegawai atas pentingnya K3.

"Kami melakukan berbagai kegiatan untuk memperingati bulan K3 diantaranya Fireman Fitness Drill, Safety Driving Challenge, serta penyamaan persepsi aspek keselamatan pertambangan dan konsolidasi pengawas," papar Nico.

(das/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT