ADVERTISEMENT

Gara-gara Tanah di Pasar Minggu, Pertamina Digugat Rp 70 Miliar

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 16 Feb 2022 15:47 WIB
Logo Pertamina
Foto: Ari Saputra
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) dan PT Pertamina Training & Consulting digugat dengan perkara perbuatan melawan hukum.

Gugatan terdaftar dengan nomor 116/Pdt.G/2022/PN JKT.SEL pada Senin 7 Februari 2022.

Kedua perusahaan ini digugat oleh ahli waris almarhum Mangkusasmito Sanjoto yang terdiri dari Soegiarti Sanjoto, Rini Ekowati, Ina Dwi Lestari, Bambang Nugroho Sanjoto, Wiwiek Tjiptaningsih dan Priyono Wibowo. Ahli waris ini telah menunjuk Sonny LM Manoppo SH sebagai kuasa hukum.

Mereka merupakan pemilik bidang tanah seluas 28.000 meter persegi dengan 24 rumah yang berdiri di atasnya.

"Rumah tersebut terletak di Jalan Raya Pasar minggu Nomor 15 RT 006/002, Kelurahan Pancoran, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan," tulis gugatan tersebut, dikutip Rabu (16/2/2022). Dulunya dikenal dengan Kompleks Perumahan Wisma PN di Pancoran Buntu dengan batas-batas. Sebelah Utara Gedung Perkantoran dan Kantor Pajak, sebelah selatan Hotel Cipta, sebelah barat Jalan Raya Pasar Minggu dan sebelah Timur Tanah PT Five Pillars Indonesia Office Park.

Dalam gugatan itu juga disebutkan tergugat II (Pertamina Training & Consulting) yang secara tanpa hak memasuki objek sengketa dan melakukan pengrusakan rumah-rumah dengan menggunakan bulldozer di lokasi objek sengketa adalah merupakan perbuatan melawan hukum.

Lalu menghukum tergugat I untuk membayar ganti kerugian materiil kepada para penggugat sejumlah Rp 50 miliar.

Kemudian menghukum tergugat I (Pertamina) untuk membayar ganti kerugian materiil kepada Para Penggugat sejumlah total Rp 7 miliar secara tunai dan seketika.

Selanjutnya menghukum tergugat I dan tergugat II secara tanggung renteng membayar ganti kerugian immateriil kepada para penggugat sejumlah Rp 20 miliar.

detikcom sudah menghubungi pihak Pertamina yaitu VP Corporate Communication PT Pertamina Fajriyah Usman melalui pesan singkat. Namun hingga berita ini ditayangkan pihak Pertamina belum memberikan tanggapan.

Lihat juga video 'Tuntutan untuk Para Terdakwa Pusaran Kasus Rumah DP 0 %':

[Gambas:Video 20detik]



(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT