Zaporizhia, Pembangkit Listrik Nuklir Terbesar Eropa yang Kena Tembakan Rusia

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Jumat, 04 Mar 2022 11:54 WIB
This image made from a video released by Zaporizhzhia nuclear power plant shows bright flaring object landing in grounds of the nuclear plant in Enerhodar, Ukraine Friday, March 4, 2022. Russian forces shelled Europe’s largest nuclear plant early Friday, sparking a fire as they pressed their attack on a crucial energy-producing Ukrainian city and gained ground in their bid to cut off the country from the sea. (Zaporizhzhia nuclear power plant via AP)
Foto: Zaporizhzhia nuclear power plant via AP
Jakarta -

Pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa terbakar setelah terkena serangan Rusia. Pembangkit listrik yang terbakar itu ialah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhia.

"Akibat penembakan oleh pasukan Rusia di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhia, kebakaran terjadi," kata juru bicara Andrei Tuz dalam sebuah video yang diposting di akun Telegram pembangkit tersebut seperti dilansir dari AFP, Jumat (4/3/2022).

Apa itu pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia? Simak fakta-faktanya di bawah ini:

Pabrik Terbesar di Eropa

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia adalah salah satu pabrik pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa. Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia terletak di kota Enerhodar, Ukraina Tenggara, sekitar 70 mil (112 kilometer) dari kota Zaporizhzhia.

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia menghasilkan sekitar 20% listrik Ukraina. Menurut Badan Energi Atom Internasional (IAEA), pembangkit pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia berisi 6 dari 15 reaktor energi nuklir dan termasuk terbesar dari jenisnya di Ukraina.

Dikutip dari CNN (3/4/2022), pembangkit ini menghasilkan 40-42 miliar kWh, yang merupakan seperlima dari rata-rata produksi listrik tahunan di Ukraina.

Punya Kemampuan Memantau Radiasi

Operator tenaga nuklir Ukraina Energoatom mengatakan, pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia punya kemampuan untuk melakukan pemantauan radiasi terus menerus dari lokasi industri, dan perlindungan sanitasi dan zona kontrol radiasi 30 kilometer. menurut. Ada juga fasilitas penyimpanan kering untuk bahan bakar bekas di situ.

Berada di Pusat Komplek Industri

Sesuai dengan namanya, pembangkit listrik tenaga nuklir ini terletak di wilayah Zaporizhzhia. Zaporizhzhia terletak di tepi sungai Dnieper, dengan luas kota 331 kilometer persegi. Kota Zaporizhzhia merupakan kota terbesar kelima di Ukraina.

Zaporizhzhia adalah pusat regional provinsi Zaporizhzhia, yang menjadi salah satu pusat administrasi, industri, dan budaya terbesar di Selatan Ukraina.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Zaporizhzhia (4/3/20220, pada 1 April 2017, jumlah populasi penduduk Zaporizhzhia adalah 749 ribu orang, yang masuk peringkat keenam terbanyak di Ukraina.

Kemungkinan Krisis

Pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia kemungkinan akan bisa mengalami krisis nuklir, jika listrik atau pipa ledeng ke fasilitas itu terputus. Analis keamanan nasional Joe Cirincione mengatakan, kalau dirinya memprediksi bahwa akan ada hal yang sangat mengerikan terjadi.

"Jika batang bahan bakar itu masih berada di dalam reaktor, dan pihak sana (Ukraina) memutus aliran listrik, maka akan memutus sistem pendingin yang mengontrol reaksi. Sehingga melepaskan reaksi berantai nuklir yang tak terkendali di fasilitas itu yang memnungkinkan adanya mengalami kehancuran," kata Cirincione dikutip dari CNN.

Namun, pakar kebijakan nuklir Graham Allison mengatakan bahwa tidak semua kebakaran di pembangkit listrik memiliki konsekuensi bencana. Menurutnya, bencana akan tergantung pada lokasi kebakaran, derta tergantung apakah staf bisa mengambil tindakan yang tepat, dan beberapa faktor lainnya, termasuk berapa banyak reaktor yang terkena dampak.

Setelah kebakaran yang terjadi pada pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia Jumat (4/3) pagi waktu setempat, Presiden Ukraina telah meminta bantuan pada AS dan Eropa atas pemboman Rusia terhadap fasilitas nuklir yang memicu kebakaran itu.

Berdasarkan informasi dari juru bicara Andrii Tuz, pertempuran di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhzhia telah berhenti dan tingkat radiasi latar belakang saat ini normal.

Simak video 'Ancaman 10 Kali Tragedi Chernobyl saat Rusia Serang PLTN Terbesar Eropa':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)