Pertamina Bereskan Rembesan Minyak di Perairan Balongan

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Kamis, 17 Mar 2022 22:15 WIB
Kantor Pertamina
Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) melalui Tim Integrated Balongan dan Pertamina Transkontinental mulai menangani rembesan minyak yang terjadi di perairan Balongan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Section Head Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Fahrougi Andriani mengungkapkan langkah ini dilakukan agar rembesan tidak semakin meluas.

"Tim Pertamina terus fokus menangani rembesan minyak di perairan, dan sedang dilakukan perbaikan pada titik rembesan pipa," kata Fahrougi dikutip dari Antara, Kamis (17/3/2022).

Rembesan minyak ini berasal dari Pipa Sub Marine Pipe Line (SPL) di Perairan Jetty Cargo Integrated Terminal Balongan. Penyebabnya adalah ketika kapal tanker yang membawa produk jenis Solar melakukan proses discharging ke Tangki Integrated Terminal Balongan.

Dia mengungkapkan timnya sudah melakukan inspeksi di titik kebocoran dan telah menyemprotkan dispersant, menggunakan Oil absorbent dan Oil Boom di perairan serta pantai.

"Agar ceceran minyak bisa tertangani dan tidak meluas ke perairan lainnya," jelas dia.

Saat ini pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Indramayu, untuk melakukan pengambilan sampel minyak di pantai dan sekitar anjungan Jetty Balongan. Kemudian penanganan dilanjuti oleh Tim Bawah Air Pertamina untuk melakukan penutupan pada titik kebocoran pipa.

"Pertamina juga pastikan pasokan BBM dan LPG di wilayah Jawa Barat, tetap dalam kondisi aman. Kejadian tersebut tidak berdampak pada distribusi BBM dan LPG, khususnya di wilayah Jawa Barat," jelas dia.

Dalam kondisi khusus, Pertamina menerapkan pola suplai regular, alternatif dan emergency, tergantung situasi yg dihadapi. Hal ini dilakukan untuk memastikan kebutuhan BBM dan LPG masyarakat tetap dapat terpenuhi dengan baik.



Simak Video "Ini Arti Kode Angka 31, 33, dan 34 di SPBU Pertamina"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/zlf)