ADVERTISEMENT

Harga Pertamax Naik Jadi Rp 12.500/Liter, Konsumen Pindah ke Pertalite?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Jumat, 01 Apr 2022 08:50 WIB
PT Pertamina (Persero) menaikan harga dua produk bahan bakar minyak (BBM) non subsidi per 18 September 2021. Dua produk tersebut berupa Pertamax Turbo RON 98 dan Pertamina Dex.
Foto: Rifkianto Nugroho
Tangerang Selatan -

Harga BBM Pertamax resmi naik mulai hari ini menjadi Rp 12.500 per liter. PT Pertamina (Persero) menaikkan harga Pertamax dari Rp 9.000 per liter.

Dari pantauan detikcom pagi ini, Jumat (1/4/2022), SPBU Pertamina sudah menyesuaikan harga menjadi Rp 12.500. Hal itu terpampang di daftar harga yang ada di depan SPBU.

Meski naik, sejauh ini masih banyak masyarakat yang membeli BBM Pertamax. Antrean masih terlihat di beberapa SPBU.

"Sudah naik dari malam tadi jadi Rp 12.500, Pertamax yang naik," kata salah satu petugas SPBU di bilangan Cirendeu, Tangerang Selatan.

Sementara itu, harga Pertalite masih tetap atau tidak naik. Harganya tetap berada di Rp 7.650 per liter. "Pertalite tidak naik," lanjut petugas tersebut.

Menurut Pertamina, Penyesuaian harga Pertamax menjadi Rp12.500 per liter ini masih lebih rendah dari harga pasar. Bila dilihat dari data Kementerian ESDM, harga pasar RON 92 pada April tembus Rp 16.000/liter.

"Penyesuaian harga ini, masih jauh di bawah nilai keekonomiannya. Ini kita lakukan agar tidak terlalu memberatkan masyarakat," ujar Pjs Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga, SH C&T PT Pertamina (Persero) Irto Ginting dalam keterangan tertulis Kamis (31/3/2022).

Meski begitu masyarakat mengaku keberatan dengan kenaikan BBM Pertamax. Khususnya masyarakat yang menggunakan motor.

"Saya emang lebih enakan pakai Pertamax, jujur aja keberatan. Orang biasa isi Rp 20.000 bisa 2 liter ini seliter lebih doang," kata Amin salah satu pemotor pengguna Pertamax yang mengantre di SPBU.

(hal/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT