ADVERTISEMENT

Pertamax Naik, Luhut: Kalau Ditahan Pertamina Jebol!

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Jumat, 01 Apr 2022 11:52 WIB
Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Aldiansyah Nurrahman
Jakarta -

Harga BBM Pertamax resmi naik mulai hari ini, Jumat (1/3/2022) menjadi Rp 12.500 per liter. Sebelumnya harga Pertamax dijual Rp 9.000 per liter.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kenaikan itu tidak bisa terhindarkan. Bila tidak dinaikkan akan bahaya buat Pertamina.

"Kalau ini ditahan terus, itu akan jebol nanti Pertamina. Jadi terpaksa kita harus lepas," jelasnya, kepada awak media, di Bekasi (1/3/2022).

Dia menjelaskan di seluruh dunia, Indonesia termasuk lambat menaikkan bensin jenis RON 92. Padahal hampir semua negara sudah menaikkan.

"Kelangkaan dari pada crude oil karena perang, Ukraina dengan Rusia. Kemudian kelangkaan sekarang juga sunflower karena tidak bisa impor atau ekspor dari Ukraina. Dan juga sanksi (ke Rusia) itu membuat masalah dunia," papar Luhut.

Menurutnya, Indonesia beruntung masih bisa mengelola ekonomi dengan baik sehingga dampaknya itu tidak terlalu besar, walaupun kenaikan tetap harus terjadi.

"Tidak ada punya pilihan karena kalau tidak harga asumsi minyak cruel oil itu US$ 63 di APBN, sekarang ini sudah 98 atau US$100. Kan angkanya suah luar biasa," tambah Luhut.



Simak Video "Mengapa Pertamina Dilema Tahan Harga Pertamax di Rp 12.500?"
[Gambas:Video 20detik]
(das/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT