Kapal Pertamina Angkut Minyak Rusia Dicegat Greenpeace, Ini Kronologinya

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 11:09 WIB
kapal tanker pertamina
Kapal Tanker Pertamina/Foto: Pertamina
Jakarta -

Greenpeace memblokir pengiriman minyak Rusia yang dibawa dua kapal tanker di lepas pantai Denmark pada Kamis (31/3). Salah satu yang diblokir adalah Kapal Pertamina Prime.

Aksi penolakan dilakukan oleh para aktivis organisasi pecinta lingkungan dengan berenang atau mengendarai kayak di perairan es di Frederikshavn untuk memblokir pengiriman minyak dari Rusia tersebut.

Alasan Greenpeace melakukan itu sebagai aksi untuk menyerukan larangan impor bahan bakar fosil dari Rusia, menyusul invasi negara yang dipimpin Vladimir Putin ke Ukraina.

"Pada pukul 11:00 (waktu setempat), para aktivis mulai memblokade supertanker Pertamina Prime, mencegah kapal lain Seaoath mendekatinya dan memblokir pengiriman minyak," kata juru bicara Greenpeace Emma Oehlenschlager dikutip dari France24, Senin (4/4/2022).

Ada 11 aktivis yang terlibat dalam aksi ini. Beberapa dari mereka membawa spanduk yang menyerukan Pemerintah Rusia untuk berhenti mengobarkan perang.

Para aktivis itu juga membuat tulisan di lambung kapal Pertamina Prime Perang Bahan Bakar Minyak. Adapun sekitar 100 ribu ton minyak mentah akan ditransfer kedua kapal.

Dalam dua minggu terakhir, Greenpeace cabang Denmark telah melakukan beberapa tindakan terhadap kapal-kapal Rusia yang melakukan pengiriman minyak, tapi ini adalah blokade pertama yang berhasil.

"Baru kali ini kami berhasil menghentikan pengiriman. Dalam kasus lain, kapal tanker dialihkan atau dipercepat," kata Oehlenschlager.

"Mereka (para aktivis) sekarang akan mempertahankan blokade selama mungkin untuk memastikan kapal tidak bisa saling berdekatan untuk melakukan pengiriman," katanya, mendesak Denmark untuk melarang pengiriman minyak Rusia di perairannya.

Sebagai informasi Pertamina Prime adalah kapal kedua PT Pertamina International Shipping yang merupakan kapal single screw driven single deck type crude oil tanker dengan panjang 330 meter dan draft 21,55 meter.

(ara/ara)