ADVERTISEMENT

Begini Cara Mengisi Token Listrik, Mudah!

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 04 Apr 2022 16:26 WIB
Warga memasukkan pulsa token listrik di salah satu indekos di kawasan Sunter Jaya, Jakarta, Senin (19/7/2021). Pemerintah memutuskan memperpanjang stimulus program ketenagalistrikan saat berlangsungnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat berupa diskon tarif tenaga listrik, pelaksanaan pembebasan biaya beban atau abonemen 50 persen serta pembebasan penerapan ketentuan rekening minimum 50 persen sampai dengan triwulan IV atau hingga Desember 2021. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT
Jakarta -

Beberapa orang kerap kebingungan atau bahkan masih belum mengetahui cara mengisi token listrik. Terutama bagi pengguna yang baru memasang listrik PLN prabayar.

Untuk itu, agar tidak kebingungan dan tak perlu meminta bantuan petugas atau tetangga, berikut panduan mengisi token listrik PLN ke meteran.

Adapun sebenarnya cara mengisi token listrik ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Namun sebelumnya, pastikan jika kamu telah membeli token listrik PLN.

Seperti halnya pulsa isi ulang pada layanan telepon seluler, pada sistem prabayar pelanggan terlebih dahulu membeli pulsa (voucher/token) listrik lebih dahulu.

Kamu dapat membeli token listrik ini melalui gerai ATM sejumlah bank, e-commerce, atau bahkan aplikasi PLN Mobile. Token atau pulsa listrik yang terdiri dari 20 digit angka stroom.

Setelah mendapatkan 20 digit angka stroom ini, kamu dapat langsung memasukkannya ke dalam kWh Meter khusus yang disebut Meter Prabayar (MPB).

Cara Membeli Token Listrik

1. Melalui aplikasi PLN Mobile
- donload aplikasi PLN Mobile di Play Store
- setelah terpasang, pelanggan akan diarahkan untuk masuk, ada dua pilihan yakni masuk dengan Google atau Email
- pelanggan mengisi profil yang terdiri dari nama lengkap, alamat email dan nomor handphone kemudian simpan untuk ke tahapan selanjutnya.
- kemudian pelanggan masuk di halaman muka. Di sini ada sejumlah fitur seperti token listrik dan tagihan, ubah daya, catat meter, dan layanan pengaduan PLN.
- untuk pembelian token, pelanggan mengisi dahulu data ID pelanggan atau nomor meter dengan mengklik tanda plus atau tambah di halaman muka. Isi nomor pelanggan dan tekan petunjuk periksa, maka data ID pelanggan akan muncul sendirinya.
- kembali ke halaman muka, untuk membeli token pilih fitur token dan tagihan. Kemudian, pilih nominal token yang akan dibeli dan tahapan selanjutnya pilih metode pembayaran.
- pada metode pembayaran, PLN menyediakan sejumlah metode transaksi seperti virtual account dari beberapa bank seperti Mandiri, BNI, BRI dan BCA. Lalu, ada juga dompet digital seperti LinkAja, OVO dan Gopay. Serta, beberapa metode lain. Setelah dipilih, maka aplikasi menampilkan rincian pembayaran.
- pilih bayar maka akan keluar nomor virtual account sebagai tagihan. Pelanggan bisa bayar tagihan itu melalui mobile banking.

2. Cara melakukan pembelian token atau pulsa listrik isi ulang di beberapa ATM :

a. ATM Mandiri
- Pilih Pembayaran/Pembelian
- Pilih Multi Payment
- Ketik "30300"
- Masukkan No Meter (11 nomor)
- Masukkan Nominal Pembelian
- Ketik "1"
- Struk akan tercetak

b. ATM BCA
- Pilih Transaksi Lainnya
- Pilih Voucher isi Ulang
- Pilih Lainnya
- Pilih PLN Prepaid
- Masukkan nomor Meter (11 nomor)
- Pilih Nominal Voucher
- Tekan Benar / Salah
- Struk akan tercetak

c. ATM BNI
- Pilih Pembayaran
- PLN
- PLN PRABAYAR
- Pembelian Token
- Masukan No meter (11 nomor, tambahkan "0" di depan no meter)
- Pilih jenis "0"
- Pilih Nominal Pembelian
- Struk akan tercetak

d. ATM BRI
- Pilih Transaksi Lainnya
- Pilih Pembayaran
- Pilih PLN
- Pilih Prabayar
- Masukkan Nomor Meter (11 nomor)
- Tekan Benar/Salah
- Pilih Nominal Token / Voucher
- Tekan Benar / Salah
- Struk akan tercetak

Struk ATM ini nantinya akan berisikan 20 digit angka stroom yang nantinya dapat langsung dimasukkan ke dalam MPB. Demikian cara mengisi token listrik. Sangat mudah bukan?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT