Orang-orang Pada Mudik, Pasokan Listrik Jadi 'Luber'

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 05 Mei 2022 08:15 WIB
Sejumlah pekerja  menyelesaikan pembangunan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) di kawasan Penggilingan, Jakarta Timur, Selasa (14/12).
Foto: Pradita Utama

Darmawan menjelaskan dari hulu ke hilir pihaknya sudah membuat sistem digitalisasi pengaturan beban. Prediksi kenaikan beban akan ditinjau secara cepat dan real time.

"Kami lakukan transformasi dengan digitalisasi pengaturan beban. Tadinya prediksi kenaikan dan penurunan beban dilakukan H-1, dan kami lakukan di hari H kami seimbangkan berbasis prediksi H-1 nya. Kami prediksi saat ini mulai dari pagi, siang, dan sore kami prediksi," ungkap Darmawan.

Dengan sistem ini prediksi peningkatan dan penurunan beban menjadi hampir 100% akurasinya. "Dengan begitu, pengaturan pasokan dan beban jadi akurat," tuturnya.

Sistem ini juga dapat membuat pihak Darmawan melakukan manajemen dari sisi hulu atau pembangkitan. Bila pasokan masih berlebih maka pembangkit bisa dikurangi kapasitasnya.

"Sistem jadi lebih andal dan pengaturan optimasi pembangkitan kita lebih efisiensi dan optimal, dengan begitu bisa juga ada penurunan cost," papar Darmawan.


(hal/zlf)