Jadi 'Harta Karun' RI, Ini 13 Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan Sehari-hari

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 11 Mei 2022 20:30 WIB
Sebuah kapal tongkang pengangkut batu bara melintas di Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (14/1/2022). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan target produksi batu bara 2022 mencapai 663 juta ton yang diperuntukkan untuk konsumsi domestik/domestik market obligation (DMO)  sebesar 165,7 juta ton sedangkan sisanya 497,2 juta ton akan mengisi pasar ekspor. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/rwa.
Manfaat Batu Bara Bagi Kehidupan Sehari-hari/Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Batu bara adalah batuan sedimen yang terbentuk dari endapan organik dan mudah terbakar. Batu bara berasal dari sisa-sisa tumbuhan yang telah membusuk ratusan juta tahun yang lalu. Manfaat batu bara bagi kehidupan sehari-hari cukup banyak.

Puja Laksana dalam buku berjudul Ensiklopedia Bahan Bakar Non Minyak menuliskan bahwa, berdasarkan penelitian para ahli geologi, batu bara terbentuk kira-kira 340 juta tahun yang lalu (zaman Karbon).

Pembentukan batu bara hanya terjadi pada zaman-zaman tertentu sepanjang sejarah geologi, dan membutuhkan kondisi-kondisi serta syarat tertentu. Batu bara merupakan jenis sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Dibutuhkan waktu yang sangat lama agar sumber daya alam itu terbentuk kembali.

Sehingga, jika digunakan secara terus menerus batu bara akan habis. Atas dasar itu, maka tak heran jika harga batu bara terbilang mahal.

Sumber daya alam seperti batu bara memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Apa kegunaan batu bara? Kegunaan atau manfaat batu bara yang paling utama adalah sebagai bahan bakar, karena panas yang dihasilkan oleh batu bara sangatlah tinggi. Bahan bakar adalah jenis energi, yang bisa diubah menjadi energi lainnya.

Simak manfaat batu bara bagi kehidupan lainnya di bawah ini:

Manfaat Batu Bara di Kehidupan Sehari-hari

Beberapa manfaat batu bara bagi kehidupan antara lain sebagai berikut:

  1. Pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) sebagai bahan mentah untuk bensin tiruan, sutra tiruan, karet tiruan.
  2. Batu bara digunakan untuk membantu memenuhi keperluan rumah tangga, seperti memasak.
  3. Batu bara berfungsi untuk bahan pembakaran pada industri.
  4. Bahan mentah pembuatan serat sintetis, contohnya nilon dan plastik.
  5. Bahan untuk membantu produksi pertanian.
  6. Batu bara menjadi bahan bakar untuk berbagai macam alat transportasi.
  7. Batu bara ini bermanfaat untuk membantu menggantikan bahan bakar minyak, yakni menjadi salah satu solusi bahan bakar berbentuk cair.
  8. Sebagai bahan untuk pembuatan sabun, sampo dan produk-produk industri kimia lainnya.
  9. Batu bara dimanfaatkan sebagai bahan untuk menghasilkan produk gas.
  10. Batu bara bermanfaat bagi industri kertas.
  11. Manfaat batu bara juga menjadi salah satu bahan untuk membantu produk baja.
  12. Batu bara menjadi bahan bakar pengganti kayu.
  13. Batu bara juga dimanfaatkan sebagai bahan pendukung perindustrian semen.

Demikian berbagai manfaat batu bara dalam kehidupan sehari-hari manusia. Pengambilan sumber daya alam secara terus-menerus, tanpa usaha pelestarian akan menyebabkan kerugian yang sangat besar bagi manusia. Untuk itu, kita perlu dengan bijak menggunakanya ya detikers!

(fdl/fdl)