ADVERTISEMENT

Apple Minggir Dulu! Saudi Aramco Jadi Perusahaan Paling Berharga (Lagi)

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 08:30 WIB
Pegawai Saudi Aramco di Tanajib, kompleks minyak di pantai Teluk Arab, sekitar 200 km utara Dammam
Apple Minggir Dulu! Saudi Aramco Jadi Perusahaan Paling Berharga (Lagi)/Foto: Dok. Ahmad El Itani/Ahmad El Itani/Saudi Aramco
Jakarta -

Perusahaan minyak raksasa Saudi Aramco melampaui Apple sebagai perusahaan paling berharga di dunia. Hal ini terjadi setelah saham dan harga energi meningkat, sementara aksi jual saham terjadi di beberapa industri termasuk teknologi.

Kapitalisasi pasar Aramco mencapai sekitar US$ 2,43 triliun pada Rabu (11/5), melampaui Apple untuk pertama kalinya sejak 2020. Produsen iPhone turun lebih dari 5% selama perdagangan hari itu sehingga bernilai US$ 2,37 triliun.

"Langkah ini sebagian besar simbolis, tetapi ini menunjukkan bagaimana pasar bergeser ketika ekonomi global bergulat dengan kenaikan suku bunga, inflasi, dan masalah rantai pasokan," tulis CNBC dikutip detikcom, Kamis (12/5/2022).

Saham Saudi Aramco naik lebih dari 27% selama 2022. Pada Maret lalu, raksasa minyak tersebut melaporkan bahwa laba 2021 meningkat lebih dari dua kali lipat karena melonjaknya harga minyak.

Untuk diketahui, sebelumnya pada 2020 Apple menyalip Saudi Aramco menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia. Kini posisinya berhasil disalip lagi oleh perusahaan minyak raksasa tersebut.

Saat itu Apple memiliki laporan keuangan yang kuat dengan kapitalisasi pasar US$ 1,84 triliun, sementara Saudi Aramco US$ 1,76 triliun.

Simak juga Video: Sosok Desboy, Pelindung Anak Jalanan Tanah Merah

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT