Profil Dirjen Minerba ESDM yang Dilantik Jadi Pj Gubernur Babel

Anisa Indraini - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 10:28 WIB
Ridwan Djamaluddin
Profil Dirjen Minerba ESDM yang Dilantik Jadi Pj Gubernur Babel/Foto: Dok. Kemenko Kemaritiman
Jakarta -

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian hari ini melantik lima penjabat (pj) gubernur. Salah satu Pj Gubernur yang dilantik yakni Direktur Jenderal (Dirjen) Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin sebagai Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

Ridwan Djamaluddin menjadi Dirjen Mineral dan Batu Bara sejak 2020. Sebelum di Kementerian ESDM, pada tahun yang sama dia menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang dipimpin Luhut Binsar Pandjaitan.

Sebelumnya, Ridwan Djamaluddin menjabat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Posisi itu diduduki bisa dibilang cukup lama yakni 2015-2020.

Sebelum masuk lembaga yang dipimpin Luhut, Ridwan Djamaluddin merupakan Deputi Bidang Teknologi Pengembangan Sumber Daya Alam di Badan Pengkajian Penerapan Teknologi (BPPT) pada 2010-2015.

Ridwan Djamaluddin telah menyelesaikan pendidikan S3 di Texas A&M University jurusan Geografi pada 17 Mei 1999. Sebelumnya pada September 1993, dia merupakan lulusan S2 University of Twente jurusan ITC setelah Desember 1989 menyelesaikan pendidikan S1 di Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Geologi.

Selama berkarier, Ridwan Djamaluddin telah memperoleh berbagai penghargaan seperti dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada 2010. Dia dianggap sebagai Pegawai Negeri Sipil Yang Menunjukkan Prestasi Kerja Luar Biasa Baiknya.

Pada 2009 dia juga pernah memperoleh penghargaan dari Menteri Negara Riset dan Teknologi dengan nama penghargaan 101 Inovasi Paling Prospektif 2009 (sistem InaBuoy). Terakhir pada 2007, Ridwan Djamaluddin mendapat penghargaan Satyalencana Pembangunan dari Presiden Republik Indonesia.

Simak video 'Tito Ingatkan 5 Pj Gubernur yang Baru Dilantik Cuma Menjabat 1 Tahun':

[Gambas:Video 20detik]



(aid/ara)