Shell Lego Aset ke Perusahaan Minyak Rusia, Termasuk 411 SPBU

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 12 Mei 2022 23:09 WIB
Logo Shell
Foto: Reuters: Shell menjual aset bisnis di Rusia ke Lukoil, produsen minyak Rusia. Termasuk 411 SPBU
Jakarta -

Shell mengumumkan aset bisnisnya di Rusia akan dibeli oleh Lukoil (LKOH.MM), produsen minyak terbesar kedua Rusia. Kesepakatan itu mencakup 411 SPBU Shell yang ada di Rusia.

Sebagian besar berlokasi bisnis Shell itu ada di wilayah Tengah dan Barat Laut Rusia. Tidak hanya itu, kesepakatan juga termasuk pabrik pelumas di Torzhok.

"Akuisisi bisnis Shell yang berkualitas tinggi di Rusia sangat cocok dengan strategi Lukoil untuk mengembangkan penjualan prioritasnya, termasuk ritel, serta bisnis pelumas," kata Wakil Presiden Lukoil, Maxim Donde, dikutip dari Reuters, Kamis (12/5/2022).

Sayangnya, Shell maupun Lukoil tidak mengungkap berapa nilai kesepakatan akuisisi tersebut. Kesepakatan itu masih memerlukan persetujuan dari otoritas anti-monopoli Rusia.

"Berdasarkan kesepakatan ini, lebih dari 350 orang yang saat ini dipekerjakan oleh Shell Neft akan dipindahkan ke pemilik baru bisnis ini," terang pengumuman dari Shell.

Di sisi lain Shell telah kehilangan sekitar US$ 3,9 miliar setelah menarik diri Rusia setelah invasi ke Ukraina. Penarikan bisnisnya, termasuk dari proyek kilang LNG Sakhalin 2, di mana Shell memegang 27,5% saham dan dioperasikan oleh Gazprom, perusahaan energi multinasional Rusia.

(hns/hns)