Bertemu di SpaceX, Anindya Bakrie Ajak Elon Musk Jadi Dewan Penasihat B20

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 15 Mei 2022 19:44 WIB
Presiden Joko Widodo mengunjungi Gedung Stargate SpaceX di Boca Chica, Amerika Serikat. Jokowi berkeliling melihat fasilitas produksi roket SpaceX ditemani Elon Musk.
Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Bakrie bertemu Elon Musk di markas SpaceX, Amerika Serikat (AS). Dia ikut mendampingi rombongan Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke AS.

Anindya mengatakan Elon Musk akan hadir dalam perhelatan G20 di Indonesia pada November 2022 mendatang. Dia juga menyebut bahwa Bos Tesla dan SpaceX itu diajak untuk menjadi Anggota Dewan Penasihat Internasional B20.

"Alhamdulillah, Pak Presiden memastikan bahwa Pak Elon Musk akan hadir di #g20indonesia di November 2022, yang tentu melancarkan upaya #b20indonesia mengajak beliau menjadi anggota B20 International Advisory Council bersama kami," kata Anindya dalam akun Instagram resminya, Minggu (15/5/2022).

Anindya mengungkapkan bahwa Indonesia berpotensi menjadi pemain besar kendaraan listrik di dunia. Hal itu didukung oleh kombinasi antara sumber daya alam hingga pasar besar yang dimiliki.

"Indonesia mempunyai peluang untuk 'rewriting global EV (and ESG) supply chain' dengan kombinasi sumber daya alam, industrialisasi, pasar domestik besar, potensi Carbon Credit dan keniscayaan Indonesia sebagai sentra untuk manufaktur EV regional," imbuhnya.

Oleh karena itu, Anindya mengaku bersyukur bisa menyambangi langsung markas SpaceX dan berbincang dengan Elon Musk mengenai potensi tersebut.

"Semoga semua ini bisa membawa manfaat untuk Indonesia sebagai pemimpin industri elektrifikasi dan kehidupan dengan iklim 'net zero' yang lebih baik," harapnya.

(aid/dna)