5.547 Pelanggan PLN Mulai Gunakan PLTS, Total Kapasitas 60.112 kWp

Jihaan Khoirunnisaa - detikFinance
Kamis, 19 Mei 2022 09:53 WIB
RI-Swiss Kerja Sama Genjot Kompetensi Instruktur PLTS
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

PT PLN (Persero) melakukan koordinasi dengan berbagai pihak dalam rangka mendorong pertumbuhan PLTS atap di Indonesia. Di antaranya melalui diskusi dengan Dewan Energi Nasional (DEN) dan Asosiasi Energi Surya Indonesia (AESI).

Hingga April 2022, PLN mencatat ada 5.547 pelanggannya yang menggunakan PLTS dengan total kapasitas sebesar 60.112 kWp.

"PLN mendukung pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di Tanah Air untuk meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT). Sebagai bentuk komitmen PLN mendukung pengembangan PLTS Atap, hingga April 2022 tercatat ada 5.547 pelanggan PLN dengan total kapasitas PLTS sebesar 60.112 kWp," ujar Executive Vice President Komunikasi Korporat PLN dan TJSL PLN Diah Ayu Permatasari dalam keterangan tertulis, Kamis (19/5/2022).

Teranyar, PLN melakukan pertemuan dengan AESI pada akhir April lalu untuk membahas pertumbuhan PLTS Atap. Kegiatan itu dihadiri oleh jajaran Direksi PLN dan para pengurus AESI antara lain Ketua AESI Fabby Tumiwa, Anggota Dewan Pakar AESI Herman Darnel Ibrahim, serta pengurus yaitu Anthony Utomo, Yohanes Sumaryo, dan Marlistya Citraningrum.

Pada pertemuan tersebut, AESI menyampaikan dukungan terhadap PLN dalam upaya transisi energi. Tidak hanya terhadap upaya penurunan emisi melalui electrifying lifestyle, melainkan juga dukungan terhadap pengembangan energi baru terbarukan.

"AESI juga menyampaikan bahwa AESI sangat memahami tantangan yang dihadapi PLN dalam penerapan PLTS Atap baik dari sisi teknis maupun finansial. Perlu antisipasi yang tepat akan potensi terganggunya kestabilan sistem, sehingga mutu dan keandalan jaringan listrik ke pelanggan secara keseluruhan tetap terjaga," tuturnya.

Diah mengatakan sebelumnya pihaknya juga mendiskusikan upaya mendorong pertumbuhan PLTS Atap ini antara Manajemen PLN dengan Dewan Energi Nasional. Dalam pertemuan dan diskusi PLN ini dibahas pentingnya menjaga keandalan pasokan listrik yang akan masuk ke dalam grid PLN.

Pada akhir pertemuan disepakati komunikasi dan diskusi lanjutan akan terus dilakukan agar apa yang menjadi sasaran bersama bisa terwujud.

Simak juga Video: PLN Bangun Ekosistem Digital untuk Penggunaan Mobil Listrik

[Gambas:Video 20detik]



(prf/ara)