ADVERTISEMENT

Minyaknya Diembargo Uni Eropa, Rusia Bakal Rugi Besar?

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 31 Mei 2022 21:52 WIB
Para Pemimpin Eropa Waspadai Dampak Embargo Minyak dan Gas Rusia
Foto: DW (News)
Jakarta -

Uni Eropa (UE) sepakat melarang sebagian besar impor minyak Rusia. Kebijakan ini dinilai akan lebih merugikan Rusia daripada UE sendiri.

Mengutip Reuters, Selasa (31/5/2022), embargo akan mengecilkan sumber pendapatan ekspor sehingga akan merugikan Rusia. Kebijakan itu disebut bisa membuat Rusia menghentikan serangan ke Ukraina karena tak ada lagi dana.

"Langkah itu akan mengecilkan sumber pendapatan ekspor paling menguntungkan Moskow dan membantu menghentikan mesin perang Vladimir Putin," bunyi pemberitaan tersebut.

Para pemimpin UE sepakat melarang 75% minyak mentah Rusia dan akan ditingkat menjadi 90% pada akhir tahun. Embargo parsial dimaksudkan untuk memungkinkan penentang Hungaria dan negara-negara lainnya untuk terus mengimpor minyak Rusia melalui pipa.

UE telah mengimpor antara 3 sampai 3,7 juta barel minyak Ural Rusia per hari, kata Rystad Energy. Mengganti 75% dari itu dengan Brent US$ 120 per barel akan menyiratkan biaya tambahan setidaknya US$ 2 miliar per bulan.

Ekspor minyak mentah dan kondensat Rusia berjumlah US$ 110 miliar, lebih dari seperlima dari seluruh hasil ekspor komoditas Moskow pada 2021. Meskipun minyak dapat lebih mudah dikirim ke tempat lain selain gas, Rusia akan berjuang untuk sepenuhnya menggantikan ekspor UE yang hilang itu.

Rusia dapat memperoleh setidaknya US$ 8,1 miliar per bulan dengan mengekspor 3 juta barel per hari ke UE dengan harga minyak mentah Ural saat ini. Analis Rystad mengatakan bahwa ekspor 3 juta barel akan segera menyusut menjadi hanya 1,75 juta barel.

Menurut perhitungan Breakingviews, Rusia diperkirakan kehilangan pendapatan setidaknya US$ 3,4 miliar per bulan pada fase awal embargo. Jumlah itu lebih dari 40% dari perkiraan pendapatan bulanan Moskow dari ekspor UE.

Kerugian itu bisa meningkat menjadi setidaknya US$ 4,5 miliar per bulan setelah larangan penuh UE diberlakukan. Dengan begitu, embargo minyak UE akan lebih merugikan Rusia.

(aid/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT