ADVERTISEMENT

3 Pebisnis UMKM Ini Buktikan Bisa Keruk Untung Sambil Jaga Alam

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 12 Jun 2022 23:00 WIB
Peserta menganyam batang tanaman enceng gondok kering saat pelatihan pembuatan kerajinan di Sumber Kembangan, Kediri, Jawa Timur, Sabtu (4/6/2022). Pelatihan yang diikuti oleh para ibu rumah tangga tersebut guna memberikan wawasan tentang pembuatan kerajinan berbahan baku tanaman enceng gondok kering berupa tas, vas bunga, dan hiasan rumah sehingga dapat menjadi usaha sampingan ramah lingkungan sekaligus membantu perekonomian keluarga. ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani/nym.
Foto: ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani
Jakarta -

Berbisnis sambil melestarikan lingkungan bukan hal yang sulit dilakukan. Setidaknya hal itu sudah dibuktikan oleh pelaku usaha UMKM ini.

Secara konsep, bisnis yang berkelanjutan terlihat mudah namun banyak bisnis yang belum bisa konsisten dalam pengaplikasiannya. Banyak anggapan konsep tersebut hanya untuk perusahaan besar, bukan perusahaan kecil.

Hal ini lantaran dianggap ada biaya tertentu yang harus dikeluarkan untuk sustainability business model. Padahal, masing-masing bisnis bisa mengambil peranan sesuai dengan caranya sendiri.

Beberapa di antaranya ada tiga bisnis jebolan program dan ekosistem wirausaha Diplomat Success Challenge (DSC) yang sukses dengan bisnisnya sekaligus memiliki dampak sosial yang luar biasa.

1. PLÉPAH: Mengolah limbah menjadi produk ramah lingkungan yang bernilai tinggi

Indonesia sudah dikenal sebagai tanah yang kaya akan sumber daya alamnya. Banyak yang telah memanfaatkan bahkan mengeksploitasi sumber daya alam secara komersial menjadi komoditas yang menguntungkan. Namun, belum banyak yang bisa secara bijak memanfaatkannya secara peka agar tetap menjaga alam dan lingkungan.

PLÉPAH adalah bisnis yang mengolah limbah organik yaitu sampah pelepah pinang menjadi wadah/kontainer makanan dan piring pengganti styrofoam. Pelepah pinang yang tadinya dianggap sampah kini bertransformasi menjadi inovasi produk bernilai ekonomi tinggi.

Produk-produk PLÉPAH menggabungkan desain, teknologi, sosial dan lingkungan, menghasilkan inovasi desain kemasan bernilai tinggi. Kemasan siap pakai dari PLÉPAH juga lebih aman digunakan saat bersentuhan dengan makanan karena materialnya yang non-toxic dan diproses secara natural. Bahkan, sampah kemasan PLÉPAH juga bisa didaur ulang kembali.

Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT