5 Tips Hemat Listrik biar Tagihan Nggak Bengkak

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 14 Jun 2022 16:12 WIB
Warga memasukkan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). Dampak penyebaran pandemi virus COVID-19, Pemerintah mmenggratiskan pembayaran listrik bagi 24 juta masyarakat miskin, untuk pelanggan berdaya listrik 450 VA gratis biaya listrik selama 3 bulan (April-Juni 2020) sedangkan bagi pelanggan dengan daya 900 VA bersubsidi akan diberikan diskon 50 persen. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.
Tips Hemat Listrik/Foto: ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI
Jakarta -

Pemerintah secara resmi akan menaikkan tarif listrik untuk 5 golongan per 1 Juni 2022 mendatang. Karenanya penting bagi detikers untuk tahu tips hemat listrik agar tagihan listrik tidak semakin membengkak.

Penyesuaian tarif ini dilakukan setelah 5 tahun ditahan. Kenaikan tarif listrik berlaku untuk 5 golongan pelanggan non subsidi. Pelanggan yang mengalami penyesuaian tarif yakni pelanggan rumah tangga 3.500 VA ke atas dan pelanggan pemerintah.

Adapun kenaikannya yakni untuk pelanggan rumah tangga R2 dengan daya 3.500VA hingga 5.500VA dan R3 dengan daya 6.600VA ke atas, tarifnya naik dari Rp1.444,70/kWh menjadi Rp1.699,53/kWh.

Pelanggan pemerintah P1 dengan daya 6.600 VA hingga 200 kVA dan P3 tarifnya disesuaikan dari Rp1.444,70/kWh menjadi Rp1.699,53/kWh. Lalu, pelanggan pemerintah P2 dengan daya di atas 200 kVA tarifnya disesuaikan dari Rp 1.114,74/kWh menjadi Rp1.522,88/kWh.

Berikut ini ada 5 tips hemat listrik:

1. Batasi penggunaan pemanas air listrik & durasi mandi

Jika menggunakan pemanas air dengan daya listrik Coba batasi penggunaannya. Batasi juga durasi mandi agar lebih singkat. Jika dilakukan dengan konsisten dalam waktu yang cukup panjang, pasti akan terlihat penghematannya.

2. Kurangi masak air dengan termos listrik

Sebagai opsi, mungkin bisa menggunakan termos tradisional untuk menyimpan air panas. Jadi, merebus air hanya cukup sekali untuk penggunaan beberapa waktu ke depan. Listrik lebih hemat, praktis pun!

3. Ganti bohlam lampu

Ganti bohlam lampu dalam rumah dengan model terbaru yang lebih hemat energi. Bohlam lampu dengan jenis CFL atau LED menggunakan daya 25% sampai 80% lebih hemat energi dibanding yang biasa.

Penggunaan bohlam LED juga akan lebih awet dan tahan lama dibanding lampu biasa. Selain hemat energi dan listrik, tentu tak boros untuk membeli lampu dalam beberapa bulan ke depan.

4. Jangan mengisi daya ponsel semalaman

Sering mengisi daya ponsel semalaman? Tentu ini tidak akan menghemat energi. Salah satu cara menghemat energi dengan mengurangi kebiasaan tersebut.

Biasakan mengisi daya ponsel beberapa jam sebelum pergi tidur. Cabut charger sebelum tidur dan Bunda tak perlu khawatir baterai ponsel habis pada pagi hari sebelum beraktivitas.

5. Buka gorden di siang hari

Bukalah gorden pada pagi hingga sore hari untuk menghemat energi di rumah. Bunda tidak perlu memakai lampu karena ada pencahayaan alami

Untuk itu, penting memiliki rumah dengan sirkulasi cahaya serta udara yang baik. Selain lebih sehat, Bunda juga bisa hemat energi dengan menggunakan pencahayaan alami.

Demikian 5 tips hemat listrik yang detikers bisa coba di rumah. Semoga bermanfaat!

Simak juga Video: Komisi VII Setuju Tarif Listrik Naik: Beban Subsidi Energi Sudah Tinggi

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)