Pertalite Cs Bakal Kena Cukai, Harganya Langsung Naik?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 15 Jun 2022 11:52 WIB
Petugas melayani pengisian BBM di SPBU Pertamina 31.40101 di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (16/4/2022). Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat memastikan stok BBM dan LPG selama Ramadhan hingga arus mudik lebaran Idul Fitri aman dan saat ini seluruh infrastruktur telah disiagakan meliputi delapan Terminal BBM, lima Terminal LPG, lima depot pengisian pesawat udara dan lebih dari 1900 lembaga penyalur BBM se-Jawa Bagian Barat serta lebih dari 38 ribu lembaga penyalur LPG. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.
Foto: ANTARA FOTO/M Agung Rajasa
Jakarta -

Pemerintah tengah mewacanakan pengenaan cukai untuk sejumlah komoditas. Salah satunya bahan bakar minyak (BBM).

Pihak PT Pertamina (Persero) pun buka suara terkait wacana ini. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga SH C&T, Irto Ginting mengatakan, hingga saat ini belum ada pembahasan terkait pengenaan cukai pada BBM.

Dari informasi yang diterimanya, wacana itu masih kajian internal Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Sampai saat ini belum ada pembahasan dengan Pertamina. Menurut info yang kami dapat, hal tersebut masih merupakan kajian internal Kemenkeu yang penerapannya pasti akan dikoordinasikan dengan para pihak," paparnya lewat pesan singkat kepada detikcom, Rabu (15/6/2022).

Jika benar diterapkan, apakah akan mengerek harga BBM? Irto hanya mengatakan, wacana itu masih kajian.

"Ini kan masih kajian. Nanti kita tunggu informasi resminya," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kemenkeu Febrio Kacaribu mengatakan, pihaknya mengkaji rencana pengenaan cukai pada beberapa komoditas sehari-hari. Mulai dari BBM, ban karet, hingga detergen dalam rangka mengurangi tingkat konsumsi masyarakat.

"Yang sedang kita kaji beberapa konteks ke depan dalam hal pengendalian konsumsi adalah seperti BBM, ban karet dan detergen," katanya alam rapat dengan Bagian Anggaran DPR RI seperti dikutip dari Antara.



Simak Video "Harga Pertamax Naik, Eh Pertalite di Sejumlah SPBU Pantura Subang Langka"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)