ADVERTISEMENT

Tenang! Tetap Bisa Beli Pertalite-Solar Meski Belum Daftar di MyPertamina

Aulia Damayanti - detikFinance
Rabu, 29 Jun 2022 20:00 WIB
Warga menunjukan aplikasi MyPertamina saat mengisi bahan bakar pertalite di SPBU Pertamina Abdul Muis, Jakarta, Rabu (29/6/2022). PT Pertamina (Persero) melalui anak usahanya, PT Pertamina Patra Niaga, akan melakukan uji coba pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi, Pertalite dan Solar, secara terbatas bagi pengguna yang sudah terdaftar pada sistem MyPertamina, mulai 1 Juli mendatang. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/foc.
Tenang! Tetap Bisa Beli Pertalite-Solar Meski Belum Daftar di MyPertamina/Foto: ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA
Jakarta -

Masyarakat yang ingin membeli Pertalite dan Solar pada 1 Juli akan tetap dilayani meskipun belum mendaftar di situs MyPertamina. Per 1 Juli, Pertamina hanya membuka pendaftaran bagi konsumen Pertalite dan Solar.

"Kami itu membuka pendaftarannya mulai 1 Juli. Jadi 1 Juli itu bukan berarti kalau belum daftar nggak dilayani Saya tegaskan lagi, 1 Juli itu kami membuka pendaftaran," tegas Direktur Pemasaran Regional PT Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo dalam webinar virtual Generating Stakeholders Support For Achieving Effectiveness of Fuel and LPG Subsidi, Rabu (29/6/2022).

Ega juga mengatakan pemberlakuan pembelian BBM subsidi berdasarkan pendaftaran baru akan dimulai jika dominasi pendaftar dalam satu kota sudah banyak.

"Yang penting daftar dulu, nanti eksekusinya kami melihat kota-kota tertentu masyarakat yang sudah daftar berapa banyak. Nah yang sudah banyak kita eksekusi baru kita wajibkan yang belum mendaftar tidak kita layani. Kita akan melihat kesiapannya dua sisi," lanjutnya.

Metode Pendaftaran

Sementara metode pendaftarannya ini bukan melalui aplikasi mobile MyPertamina, melainkan melalui website MyPertamina. Menurutnya, sifat akses situs lebih meluas dibandingkan aplikasi di smartphone.

"Jadi bukan harus menggunakan aplikasi MyPertamina tetapi diwajibkan meregistrasi ke web Pertamina," jelasnya.

Untuk cara registrasinya di MyPertamina.id. Kemudian masuk ke registrasi subsidi tepat. "Nah menu registrasi subsidi tepat ini akan launching di 1 Juli. Nah hari ini kalau diklik belum bisa," tuturnya.

Nantinya di fitur tersebut, masyarakat akan diminta mengisi data diri, tipe konsumen, data kendaraan, hingga data pengguna kendaraan.

"Setelah itu data itu dengan koordinasikan. Untuk tahap ini belum ada verifikasi yes or no segmentasi. Sifatnya kami akan mencocokkan. Jadi kami akan meminta masyarakat meng-upload STNK, nomor polisinya, foto kendaraannya dan NIK-nya. Nanti akan kita akan cocokkan," jelasnya.

Kemudian setelah mendapat penerimaan atau persetujuan kecocokan data, Pertamina akan memberikan QR Code yang akan dikirim melalui email yang diregistrasi.

"Email ini disimpan QRcode ini yang akan pergunakan untuk transaksi, QRcode ini juga akan muncul di MyPertamina. Kalau men-download aplikasi. Kalau tidak men-download, yang bersangkutan bisa menyimpan QR untuk bertransaksi," jelasnya.

(ara/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT