ADVERTISEMENT

Beli Pertalite Tak Wajib Punya MyPertamina, Cuma Daftar-Print QR Code

Yudistira Perdana Imandiar - detikFinance
Senin, 04 Jul 2022 11:25 WIB
Penggunaan MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar mulai diujicoba hari ini. Uji coba awal akan dilakukan di 11 daerah seluruh Indonesia.
Foto: Antara Foto/Adwit B Pramono
Jakarta -

Sesuai kebijakan baru PT Pertamina (Persero), BBM subsidi jenis Pertalite dan Solar hanya diperuntukkan bagi kendaraan yang sesuai kriteria dan terdaftar di aplikasi MyPertamina. Tapi, masyarakat tetap bisa membeli BBM subsidi tanpa harus menggunakan smartphone.

Untuk membeli Pertalite dan Solar, syarat utamanya adalah dengan mendaftar melalui website subsiditepat.mypertamina.id. Setelah terdaftar, konsumen akan mendapatkan QR Code yang nantinya dibutuhkan untuk membeli BBM subsidi.

"Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id," kata Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangannya dikutip dari detikOTO, Senin (4/7/2022).

Irto memastikan pendaftaran melalui website bukan untuk menyulitkan masyarakat, namun untuk melindungi masyarakat rentan yang sebenarnya berhak menikmati subsidi energi.

"Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak. Ke depan kami harap, data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan energi bersama pemerintah serta dapat mencegah potensi terjadinya potensi penyalahgunaan atau kasus penyelewengan BBM subsidi di lapangan," tutur Irto.

Ada beberapa langkah untuk mendapatkan QR Code pembelian Pertalite atau Solar. Pertama, daftarkan data diri dan kendaraan di website subsiditepat.mypertamina.id. Nantinya, akan ada email atau notifikasi dari website yang berisi QR code.

Agar bisa membeli BBM subsidi tanpa pakai smartphone, konsumen bisa mengunduh QR Code tersebut lalu mencetaknya. Nah, kertas cetakan QR Code tersebut yang mesti dibawa setiap hendak membeli BBM.

Sementara itu, untuk pembayaran bisa dilakukan tunai dan non-tunai. Jadi, selama sudah mendapatkan QR Code, masyarakat tidak memerlukan smartphone untuk membeli Pertalite atau Solar.



Simak Video "Wilayah Wajib Daftar untuk Beli Pertalite Diperluas, Buruan Daftar!"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT