ADVERTISEMENT

Jangan Asal Masuk, Kenali Beda SPBU Pertamina Merah, Biru, dan Hijau

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 11 Jul 2022 10:55 WIB
ilustrasi bbm spbu pertamina
Perbedaan SPBU Pertamina Warna Merah, Biru, dan Hijau/Foto: Sylke Febrina Laucereno/detikcom
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) secara umum menyediakan tiga jenis Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) bagi para pengendara. Ketiga jenis SPBU ini dibedakan melalui warna dominan yang ada di SPBU.

Saat ini ada 3 jenis SPBU Pertamina tersebut dibedakan dengan warna yakni merah, biru dan hijau. Sudah tahu perbedaannya?

Sebelum masuk ke SPBU, ada baiknya bagi konsumen untuk mengetahui terlebih dahulu perbedaan setiap SPBU yang dimiliki Pertamina. Sebab, warna merah, biru dan hijau menjadi pembeda karakter dari setiap SPBU Pertamina.

Pertama untuk SPBU warna merah yang paling banyak dijumpai masyarakat memiliki slogan Pasti Pas. Jenis SPBU ini sudah diluncurkan sejak 2006.

Lalu pada 2015 Pertamina meluncurkan SPBU warna biru. SPBU ini merupakan pengembangan dari SPBU yang sudah ada sebelumnya dengan slogan Pasti Prima.

Beda Layanan SPBU Warna Merah, Biru, dan Hijau

Lewat SPBU Pasti Prima, Pertamina menawarkan pengalaman baru 'beyond fuel' berupa pelayanan non-fuel retail, pelayanan energi terpadu dan layanan digital untuk konsumen. Jadi, masyarakat tak sekadar mengisi BBM saat ke SPBU. Ada layanan yang lainnya.

SPBU Pasti Prima menyajikan layanan non-fuel retail yakni LPG, pelumas, air & nitrogen hingga restoran. Layanan tersebut lebih lengkap dibanding SPBU Pasti Pas yang kerap dijumpai seperti toilet, isi angin, dan beberapa memiliki minimarket.

Nah yang paling baru ada SPBU warna hijau. SPBU warna hijau ini memiliki konsep ramah lingkungan dengan tema Green Energy Station (GES). Tujuannya dibuat SPBU berkonsep ramah lingkungan ini untuk mempercepat peralihan dari energi fosil ke energi ramah lingkungan.

GES adalah sebuah konsep baru sebagai pengembangan SPBU Pertamina warna merah dan SPBU warna biru, dengan memberikan layanan terintegrasi di SPBU Pertamina dengan empat konsep utama.

Keempat konsep tersebut, yakni Green, Future, Digital, dan High Tier Fuel. Adapun konsep Green terkait penggunaan Solar Photo Voltaic (PV) atau pembangkit listrik tenaga Surya (PLTS) sebagai salah satu sumber energi mandiri dan ramah lingkungan di SPBU warna hijau.

Konsep Future, menawarkan sebuah layanan baru bernama Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) atau Charging Station dan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) atau Battery Swapping Station (BSS).

Sedangkan konsep ketiga dan keempat adalah Digital dan High Tier Fuel. Dijelaskan bahwa digitalisasi dan edukasi berkelanjutan tentang bahan bakar berkualitas, yakni Pertamax Series dan Dex Series. Sehingga tidak menjual Premium dan Solar.

Jadi, sudah tahu kan bedanya SPBU warna merah, biru, dan hijau?

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT