ADVERTISEMENT

Mau Buka SPBU Pertamina? Ini Syarat dan Prosedurnya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 20 Jul 2022 11:20 WIB
Suasana SPBU Pertamina.
Cara Buka SPBU Pertamina/Foto: dok. Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga
Jakarta -

Peluang berbisnis SPBU Pertamina sangat besar. Terlebih mengingat bagaimana volume kendaraan terus bertambah membuat stasiun pengisian bahan bakar minyak (BBM) ini semakin banyak dicari orang.

Dikutip dari situs pertaminafuels.com, keuntungan yang didapat dengan menjalankan bisnis ini mencapai Rp 40 juta per bulannya. Adapun pertamina sendiri menawarkan 2 jenis kerja sama, yakni:

- CODO (Company Owned Dealer Operated)

SPBU CODO Pertamina merupakan SPBU sebagai bentuk kerja sama antara PT Pertamina (Persero) dengan pihak-pihak tertentu. Antara lain kerja sama pemanfaatan lahan milik perusahaan ataupun individu untuk dibangun SPBU Pertamina.

- DODO (Dealer Owned Dealer Operated)

SPBU DODO merupakan SPBU bentuk kerja sama di mana lokasi dan investasi dilakukan seluruhnya oleh individu calon mitra.

Lalu, bagaimana cara membuka bisnis ini? Simak 3 caranya di bawah sini:

1. Mengurus Perizinan

Siapkan beberapa dokumen dengan jujur dan dapat dipertanggungjawabkan seperti berikut:
- Fotokopi KTP Pemilik
- Surat Akta Pendirian Perusahaan
- Fotokopi Izin Mendirikan Bangunan (IMB)
- Surat Izin Gangguan
- Surat Peruntukkan dan Penggunaan Tanah

Setelah dokumen-dokumen penting itu sudah siap, selanjutnya perlu menyiapkan desain bentuk SPBU Pertamina yang akan dibangun, peta lokasi usaha, kelengkapan data fasilitas inventaris, data kapasitas penyaluran BBM serta kapasitas penyimpanannya.

2. Pemilihan Lokasi

Caranya bisa dengan memilih secara langsung melalui website dan lakukan survei lapangan. Ini penting untuk dijadikan pertimbangan seperti banyak dilalui kendaraan dan mudah dikunjungi.

3. Siapkan Sarana dan Prasarana

Mulai dari sarana pemadam kebakaran, sistem keamanan, pagar pembatas, instalasi sumur pantai dan saluran serta pengolahan limbah. Jangan lupa juga sediakan toilet umum, mushola, tanda rambu, serta lahan parkir yang memadai.

Setelah semua ketentuan disiapkan, lakukan pendaftaran secara online pada website resmi Pertamina. Selanjutnya input data, verifikasi awal pada kesiapan finansial dan lahan pendirian, dan verifikasi lapangan.

Saat semua data sudah diverifikasi, Pertamina akan mengeluarkan izin dan calon mitra bisa segera mengurus pendirian SPBU Pertamina.

Lihat juga video 'Kenapa Beli Pertalite dan Solar Harus Diatur?':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT