ADVERTISEMENT

Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina, Biar Bisa Beli Pertalite-Solar

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 26 Jul 2022 11:28 WIB
Penggunaan MyPertamina untuk beli Pertalite dan Solar mulai diujicoba hari ini. Uji coba awal akan dilakukan di 11 daerah seluruh Indonesia.
Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina/Foto: Antara Foto/Iggoy el Fitra
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) telah memperketat penyaluran Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis Pertalite dan Solar melalui subsidi tepat MyPertamina. Hal ini dilakukan demi memastikan distribusi Pertalite dan Solar tepat sasaran.

Melalui aplikasi, Pertamina dapat memverifikasi konsumen BBM yang benar-benar berhak membeli Pertalite dan Solar. Karenanya, untuk mendapatkan subsidi tepat MyPertamina, masyarakat perlu mendaftarkan diri di aplikasi.

Sebagai informasi, Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) mencatat sebanyak 220 ribu kendaraan telah terdaftar pada Program Subsidi Tepat Sasaran. Mereka mendaftar melalui SPBU/lokasi, website subsiditepat.mypertamina.id maupun melalui aplikasi MyPertamina.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menjelaskan, saat ini seluruh proses pendaftaran masih terus berlangsung di mana hingga 23 Juli kendaraan yang telah didaftarkan mencapai lebih dari 220 ribu unit.

"Dari total ini, hampir 80% kendaraan yang didaftarkan adalah jenis kendaraan yang mengkonsumsi Pertalite, sisanya adalah pengguna solar subsidi," kata Irto dalam keterangannya, Minggu (24/7/2022).

Irto melanjutkan, masyarakat yang mendaftarkan kendaraannya pada Program Subsidi Tepat ini tidak hanya terbatas pada kota atau kabupaten yang memang secara resmi telah dibuka periode pendaftarannya, namun dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Melihat tingginya pendaftar dari seluruh wilayah, Pertamina Patra Niaga pada beberapa waktu lalu memang sudah memperluas wilayah pendaftaran hingga 50 kota atau kabupaten.

Lantas bagaimana cara mendaftarkan diri agar bisa mendapat subsidi tepat MyPertamina?

Ada tiga metode untuk mendaftar aplikasi MyPertamina. Salah satunya adalah melalui booth pendaftaran yang disiapkan di SPBU dan lokasi lainnya. "Melalui booth pendaftaran yang disiapkan di SPBU/lokasi lain," katanya menambahkan.

Selain itu, pendaftaran juga bisa dilakukan melalui web subsiditepat.mypertamina.id maupun melalui aplikasi MyPertamina. Berikut tahapan untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan subsidi tepat MyPertamina melalui situs resmi MyPertamina.

Cara Daftar Subsidi Tepat MyPertamina

1. Siapkan dokumen yang dibutuhkan yaitu: KTP, STNK, Foto Kendaraan, dan dokumen pendukung lainnya
2. Buka website subsiditepat.mypertamina.id
3. Centang informasi memahami persyaratan
4. Klik daftar sekarang
5. Ikuti instruksi dalam website tersebut
6. Tunggu pencocokan data maksimal 7 hari kerja di alamat email yang telah didaftarkan, atau cek status pendaftaran di website secara berkala
7. Apabila sudah terkonfirmasi, unduh (download) kode QR dan simpan untuk bertransaksi di SPBU Pertamina.

Demikian cara mendaftarkan diri untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan subsidi tepat MyPertamina melalui situs resmi MyPertamina.

Simak juga Video: Wilayah Wajib Daftar untuk Beli Pertalite Diperluas, Buruan Daftar!

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT