ADVERTISEMENT

Di Depan Pengusaha Migas, Wapres Bicara Sederet Ancaman Ekonomi Dunia

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 27 Jul 2022 11:35 WIB
Wakil Presiden Maruf Amin Dalam Acara Kapnas II 2022
Foto: Achmad Dwi Afriadi
Jakarta -

SKK Migas menggelar Forum Kapasitas Nasional (Kapnas) II 2022 di JCC Senayan Jakarta. Acara yang dihadiri oleh para pelaku usaha di industri hulu migas ini terselenggara dua hari yakni 27-28 Juli 2022.

Acara ini dibuka Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin mengatakan, dunia menghadapi kondisi pasokan energi yang tidak normal, krisis iklim, perang maupun ancaman stagflasi yang dikhawatirkan menghambat upaya pemulihan ekonomi global.

"Oleh karena itu saya sangat mendukung upaya Kementerian ESDM dan SKK Migas untuk mewujudkan target lifting minyak 1 juta barel per hari, gas 12 juta standar kaki kubik pada tahun 2030," kata Ma'ruf Amin di JCC Senayan, Jakarta, Rabu (27/7/2022).

Namun, ia mengungkap realisasi investasi hulu migas tahun ini belum optimal. Berdasarkan data SKK Migas, realisasi investasi hingga semester I 2022 sebesar US$ 4,8 miliar atau sebesar 36% dari target tahun ini US$ 13,2 miliar.

"Untuk mendorong peningkatan investasi hulu migas saya minta Menteri ESDM dan Menteri Investasi merumuskan langkah-langkah yang dapat memberikan daya fiskal bagi investor," katanya.

Dia mengatakan, harga minyak dunia sudah menyentuh US$ 117 per barel. Menurutnya, saat ini adalah momentum terbaik untuk menarik investasi.

"Saat ini merupakan momentum terbaik untuk menarik investasi di hulu migas," katanya.

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto mengatakan, melalui Forum Kapasitas Nasional II 2022, pihaknya memfasilitasi kerja sama yang lebih luas di antara semua pemangku kepentingan industri hulu migas nasional.

"Di sini kami memfasilitasi kerja sama di antara pelaku usaha untuk terlibat lebih jauh dalam aktivitas industri hulu migas nasional. Kerja sama ini tentunya akan memperkuat kapasitas nasional, untuk mengejar target produksi 2030, menuju produksi 1 juta barel minyak per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari di tahun 2030," katanya.

Dwi Soetjipto menekankan, di Forum Kapasitas Nasional akan terjadi pertukaran informasi, pengetahuan dan peluang kerja sama yang bisa dilakukan ke depan. Forum Kapnas II 2022 juga akan menjadi ajang diskusi untuk mencari solusi atas berbagai hambatan dan tantangan yang mungkin dihadapi para pemangku kepentingan industri hulu migas, terutama pelaku usaha yang terlibat sebagai penunjang industri hulu migas.

"Kerja sama yang produktif di antara pelaku usaha lokal dan nasional sebagai penunjang mendorong penggunaan produk dalam negeri, serta meningkatkan capaian Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) di industri hulu migas. Saat ini realisasi TKDN industri hulu migas telah mencapai 63%. Angka itu 6% melampaui targat yang ditetapkan pemerintah yang sebesar 57%," ujarnya.

Forum Kapasitas Nasional II 2022 diikuti oleh 28 operator migas (Kontraktor Kontrak Kerja Sama/KKKS), 68 perusahaan penyedia barang dan jasa, serta 45 UMKM terpilih dari ribuan UMKM binaan KKKS di seluruh Indonesia.



Simak Video "Momen Wapres Ma'ruf Lepas Jemaah Haji Kloter Pertama Asal Jatim"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT