ADVERTISEMENT

'Harta Karun' Migas di Aceh Bisa Jadi Rebutan, Harus Buru-buru Disedot

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 12:09 WIB
Harga Minyak Dunia Anjlok
Ilustrasi/Foto: Reuters
Jakarta -

Penemuan 'harta karun' migas di Wilayah Kerja Andaman di sebelah utara Aceh menjadi kabar baik bagi Indonesia. Indonesia memiliki pasokan tambahan untuk memenuhi kebutuhan energi dalam negeri.

Namun, Ketua Komisi VII DPR RI Sugeng Suparwoto mengatakan, cadangan tersebut mesti segera dieksekusi. Jika tidak, maka akan berpotensi menjadi rebutan.

"Andaman insyaallah ditemukan cadangan cukup besar tapi juga gas kecenderungannya, untuk segera eksplorasi kalau nggak nanti menjadi problem tarik menarik internasional karena di wilayah zona ekonomi eksklusif 200 mil laut dengan Thailand kalau tidak salah, titik singgung," katanya dalam Forum Kapasitas Nasional II 2022 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (28/7/2022).

Dalam dunia migas, kata dia, tidak menutup kemungkinan jika cadangan migas bisa menyeberang ke negara tetangga. "Karena memang di batas-batas, perbatasan yang itu kita harus cermat," sambungnya.

Menurut Sugeng, jika cadangan itu menyeberang ke negara tetangga mesti ada hal yang dilakukan. Indonesia bisa menggandeng negara tersebut untuk bekerja sama.

"Kalau terjadi semacam cross border karena itu daerah perbatasan ya kita harus melakukan kerja sama katakanlah dengan Thailand dalam hal operasional, karena memang menyangkut zona ekonomi eksklusif 200 mil laut dengan ketentuan tertentu," paparnya.

(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT