ADVERTISEMENT

Proyek JTB Bojonegoro Bakal Suplai Kebutuhan Gas di Jatim dan Jateng

Dea Duta Aulia - detikFinance
Kamis, 28 Jul 2022 22:42 WIB
Proyek Gas JTB Bojonegoro
Foto: Pertamina
Jakarta -

Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mendampingi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif tinjau proyek lapangan gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) di Bojonegoro, Jawa Timur, hari ini. Adapun proyek tersebut saat ini tengah memasuki tahap pembangunan gas-in.

Nicke mengatakan pihaknya optimistis dengan rencana Gas on Stream (GoS) pada proyek ini dapat terealisasi beberapa saat lagi. Ia mengatakan pasokan gas JTB diharapkan mampu memenuhi kebutuhan listrik, industri terutama pupuk, keramik, dan petrokimia di wilayah Jawa Timur dan Tengah melalui transportasi pipa gas Gresik-Semarang.

"Sekarang ini hanya tinggal menunggu persiapan gas-in saja, untuk kemudian dilanjutkan dengan commissioning start up. Gas-in adalah pengaliran gas dari sumber sumurnya menuju Gas Processing Facilities (GPF) untuk diolah sebelum memasuki tahap on stream," kata Nicke dalam keterangan tertulis, Kamis (28/7/2022).

Ia mengatakan, saat ini, trend harga minyak dan gas dunia sedang meroket tentu jika produksi migas Indonesia digenjot maka akan memberikan pemasukan yang besar bagi negara.

"Setelah memasuki produksi gas nanti, gas JTB akan memberikan peningkatan produksi gas nasional, dan harga gas yang sedang tinggi seperti hari ini tentu ini memberikan kontribusi besar untuk pendapatan negara," ujarnya.

Proyek yang merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) ini memiliki Capital expenditure (Capex) mencapai US$ 1,5 miliar yang diproyeksikan menjadi salah satu calon penghasil gas terbesar di Indonesia, dengan produksi sales gasnya mencapai 192 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD). Dari jumlah tersebut, 100 MMSCFD telah dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan gas pembangkit listrik PT PLN.

Pada kunjungan kali ini turut hadir Dirjen Migas Tutuka Ariadji, Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Dwi Soetjipto, dan Direktur Utama Subholding Upstream Pertamina, Budiman Parhusip.



Simak Video "Ini Arti Kode Angka 31, 33, dan 34 di SPBU Pertamina"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT