ADVERTISEMENT

Lagi Digeber, Berapa Banyak Sih Orang RI yang Punya Kendaraan Listrik?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 03 Agu 2022 16:40 WIB
Fokus Mobil Motor Listrik
Foto: Mindra Purnomo
Jakarta -

Kendaraan listrik saat ini terus digeber oleh pemerintah. Mulai dari sepeda motor sampai mobil.

Merek kendaraan juga mulai bervariasi dan berbagai fitur yang disematkan di dalamnya. Tak cuma itu regulator juga memberikan insentif untuk para pembeli kendaraan listrik ini.

Kira-kira berapa sih orang Indonesia yang punya kendaraan listrik ini?

Dikutip dari riset Populix bertajuk Indonesian Modern Consumption bagian Elctric Vehicles disebutkan dari 1.002 responden yang mengikuti survey ada 13% yang memiliki kendaraan listrik motor, 7% mobil listrik dan 85% tidak tahu.

Untuk sepeda motor paling banyak adalah United sebanyak 34%, Viar 30%, Gesits 20%, Selis 16%, Ecgo 10%, BF Goodrich 8% dan niu 5%. Kemudian untuk mobil listrik Tesla menguasai posisi pertama dengan 21%, Hyundai 18%, BMW 17%, Toyota 14$, Lexus 10%, Nissan 8% dan Porsche 8%.

Kbanyakan orang memiliki kendaraan listrik ini karena ramah lingungan, lalu biaya perawatan yang rendah, nol emisi, biaya bahan bakar yang lebih murah.

Selain itu charging station yang lebih banyak, baterai yang tahan lama, pengisian ulang baterai tergantung perjalanan dan mengikuti tren saat ini.

United Motor dan Viar menjadi merek motor listrik yang paling banyak dibeli oleh orang RI selama 5 tahun terakhir. Sedangkan Tesla adalah mobil listrik yang akan dibeli oleh orang di masa depan.

(kil/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT