ADVERTISEMENT

Gegara Rusia, Tarif Gas Rumah Tangga Jerman Paling Mahal di Eropa

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 08:12 WIB
Ketegangan Rusia dan negara-negara Eropa imbas perang di Ukraina berbuntut panjang. Rusia balas sanksi ekonomi dengan setop pasokan gas ke sejumlah negara Eropa
Foto: AP Photo/Markus Schreiber
Jakarta -

Masyarakat di Jerman akan dihadapkan dengan kenaikan biaya tarif gas hingga ratusan euro. Kabarnya, kenaikan itu untuk membantu perusahaan energi menutupi biaya penggantian pasokan Rusia.

Pemerintah mengatakan langkah itu diperlukan untuk mencegah runtuhnya pasar energi Jerman, di tengah krisis energi akibat perang Rusia dan Ukraina. Meski begitu, pemerintah Jerman menjanjikan stimulus tambahan bagi rumah tangga.

Mengutip dari BBC, Selasa (16/8/2022) Kenaikan tarif gas tersebut akan diberlakukan mulai 1 Oktober hingga April 2024. Dengan kenaikan itu, Jerman menjadi negara dengan tarif gas rumah tangga tertinggi di Eropa.

Menteri Ekonomi Jerman Robert Habeck mengatakan kenaikan tarif gas itu disebabkan karena invasi yang dilakukan Putin terhadap Ukraina. Menurutnya, krisis energi saat ini akan berdampak buruk bagi Eropa ke depannya.

"Pungutan itu adalah konsekuensi dari perang agresi ilegal Putin di Ukraina dan kekurangan energi buatan yang disebabkan oleh Rusia. Ini akan menyebabkan runtuhnya pasar energi Jerman, dan dengan itu sebagian besar pasar energi Eropa," jelasnya.

Menurut perhitungan platform perbandingan harga Verivox dari tagihan gas, diperkirakan penambahan tagihan gas rumah tangga di Jerman sekitar € 480 atau US$ 489 setara Rp 7,1 juta (kurs Rp 14.660/US$). Sementara saat ini tagihan gas rata-rata rumah tangga di Jerman €3.568 setahun

Ekonom memperingatkan pungutan lebih lanjut akan mendorong inflasi naik di Jerman. Sementara saat ini inflasi di Jerman sudah mencapai 8,5% pada bulan Juli.

Pemerintah Jerman sendiri telah memberikan subsidi untuk rumah tangga berpenghasilan rendah dan sekarang membelanjakan tambahan €15 miliar untuk subsidi bahan bakar melalui pemotongan pajak bensin dan solar. Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan €300 sebagai pembayaran tunjangan anak dan diskon transportasi umum.

Harga gas telah melonjak sejak invasi ke Ukraina, karena negara-negara Barat memberlakukan sanksi dan berjanji untuk menghapus impor Rusia. Melonjaknya harga gas telah berdampak pada tagihan energi rumah tangga di seluruh dunia. Di Inggris, tagihan energi tahunan diperkirakan mencapai £3.582 pada bulan Oktober - naik dari angka saat ini sebesar £1.971 per tahun.



Simak Video "Uni Eropa Teken Kerjasama Suplai Gas dengan Israel dan Mesir"
[Gambas:Video 20detik]
(ada/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT