ADVERTISEMENT

Perusahaan Nuklir Bill Gates Dapat Rp 11 T, Duitnya Dipakai Buat Apa?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 16 Agu 2022 09:47 WIB
FILE - In this Feb. 9, 2019, file photo, Bill Gates, chairman of the Bill & Melinda Gates Foundation, attends the
Bill Gates/Foto: AP/Samuel Habtab
Jakarta -

Perusahaan nuklir Bill Gates, TerraPower mengumumkan mendapatkan pendanaan baru US$ 750 juta atau Rp 11,02 triliun (kurs Rp 14.700). Pendanaan ini dipimpin oleh Bill Gates yang merupakan founder dan chairman TerraPower dan SK yang merupakan perusahaan energi Korea Selatan.

Dikutip dari CNBC, Selasa (16/8/2022), uang itu akan digunakan untuk pengembangan teknologi energi nuklir dan inovasi dalam obat-obatan.

"Apakah itu mengatasi perubahan iklim dengan energi nuklir canggih bebas karbon, atau memerangi kanker dengan isotop nuklir, tim kami sedang menyebarkan solusi teknologi dan investor di seluruh dunia memperhatikan," kata CEO TerraPower,Chris Levesque.

Energi nuklir telah mengalami kebangkitan karena energi yang dihasilkan oleh reaktor nuklir tidak melepaskan gas rumah kaca yang menyebabkan perubahan iklim. Namun, ada limbah nuklir yang harus disimpan dengan hati-hati.

TerraPower saat ini tengah bekerjasama dengan GE Hitachi Nuclear Energy yang merupakan divisi General Electric untuk mengkomersialkan sistem natrium.

Itu mencakup reaktor yang lebih kecil dari konvensional yang digunakan di Amerika Serikat (AS), dan sistem penyimpanan energi garam cair yang memungkinkan mikroreaktor meningkatkan hasil energinya dalam waktu singkat sesuai kebutuhan.

TerraPower saat ini sedang bekerja untuk mendemonstrasikan teknologi reaktor natriumnya di pabrik batu bara yang akan segera pensiun di Wyoming. Proyek ini merupakan kolaborasi dengan pemerintah federal sebagai bagian dari Advanced Reactor Demonstration Program (ARDP), Departemen Energi AS.

Lihat juga Video: Bill Gates Pernah Ramalkan Akan Ada Pandemi Baru Usai Covid-19

[Gambas:Video 20detik]



(acd/ara)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT