Menyusuri Kayan, Sungai yang Bisa 'Menghasilkan' Listrik Ribuan Megawatt

ADVERTISEMENT

Menyusuri Kayan, Sungai yang Bisa 'Menghasilkan' Listrik Ribuan Megawatt

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 29 Agu 2022 10:40 WIB
PLTA Kayan
Foto: Sylke Febrina Laucereno-detikcom
Kaltara -

Pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terbesar se-Asia Tenggara akan dibangun di Sungai Kayan, Kalimantan Utara. PLTA ini akan dibangun oleh PT Kayan Hydro Energi (KHE) sebanyak 5 bendungan dengan 5-6 unit turbin pembangkit pada tiap bendungannya.

Untuk tahap pertama PLTA Kayan Cascade ini berkapasitas 900 Megawatt (MW), tahap kedua 1.200 MW, tahap ketiga 1.800 MW dan keempat 1.800 MW, dan tahap kelima 3.300 MW.

Kali ini detikcom berkesempatan untuk mendatangi proyek tahap pertama di Kalimantan Utara. Perjalanan dimulai pada minggu pagi menggunakan speed boat berkapasitas 18 orang sekitar pukul 08.00 WITA, berangkat dari dermaga Kayan III di Tanjung Selor.

Speedboat mulai dinyalakan dan siap menyusuri sungai yang menurut Badan Pusat Statistik (BPS) panjangnya 576 km.

Angin mulai menerpa badan, samar-samar tercium aroma bahan bakar dari speedboat. Tapi aroma tak enak itu hilang ketika kapal mulai melaju kencang melawan arus sungai. Memang, tujuan kami ke lokasi proyek itu arahnya menuju hulu sungai. Ibaratnya, harus menanjak.

Pemandangan di kiri kanan adalah pepohonan dan bukit. Sinyal handphone mulai hilang timbul. Muncul kembali ketika mulai terlihat ada desa dan terlihat tiang BTS, tapi kembali hilang ketika meninggalkan desa.

Sesekali kami juga berpapasan dengan kapal kecil yang mengangkut penumpang ke arah Tanjung Selor. Kemudian juga berpapasan dengan ponton yang akan mengangkut kayu.

Jalur sungai yang berkelok-kelok membuat pengemudi 'ngedrift' dan kapal terasa miring. Kapal juga terasa bergoyang-goyang ketika ada gelombang atau arus yang deras.

Perjalanan ini ditempuh sekitar 3 jam dan akhirnya sampai di tugu 5. Tempat ini merupakan kantor KHE yang paling dekat dengan lokasi proyek.

Di Tugu 5 ini ada kontainer berwarna biru yang berjajar dan menjadi ruang kantor KHE. Selain itu di wilayah ini juga sudah dibangun gudang bahan peledak.

Lanjutkan membaca cerita ke halaman berikutnya



Simak Video "Mau Buat Industri Hijau di Kaltara, Jokowi Persilakan Swasta Investasi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT