Menteri ESDM: Setiap Hari RI Bakar Rp 1,2 Triliun Jadi Asap

ADVERTISEMENT

Menteri ESDM: Setiap Hari RI Bakar Rp 1,2 Triliun Jadi Asap

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikFinance
Kamis, 01 Sep 2022 17:15 WIB
Menteri ESDM Arifin Tasrif
Foto: Menteri ESDM Arifin Tasrif (Hanafi/detikcom)
Bali -

Sektor transportasi dinilai menjadi salah satu penyumbang emisi karbon terbesar saat ini. Buktinya, dalam sehari, konsumsi bahan bakar minyak (BBM) atau fosil setara dengan Rp 1,2 triliun.

Hal tersebut dikatakan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif di acara cara parade konversi sepeda motor BBM ke listrik di Central Parkir ITDC, Nusa Dua, Badung, Bali, Kamis (1/9).

"Jumlah motor di Indonesia saat ini kurang lebih 120 juta. Jadi, kalau dihitung 1 liter BBM per sepeda motor per hari di Indonesia ini, kita membakar 800 ribu barels minyak. Kalau harga minyak saat ini US$ 100 dan setiap hari kita bakar, itu artinya US$ 80 juta per hari dan sekitar Rp 1,2 triliun kita jadikan asap," katanya.

Saat ini, katanya, Indonesia terpaksa masih mengimpor minyak mentah dan BBM. Karena, kondisi sumur penghasil minyak di Indonesia umumnya sudah tua dengan produktivitas rendah.


Meski demikian, pihaknya terus mengupayakan agar sumber minyak tersebut dapat dipompa lagi. Namun, diungkapkannya, pemompaan tersebut membutuhkan waktu yang panjang.

Baca berita selengkapnya di tautan ini.



Simak Video "Bawa Keranda-Spanduk, Massa Buruh Tolak BBM Naik Tiba di Patung Kuda"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT