Kata Jokowi Harga Baru Pertalite cs Masih Dihitung, Jadi Kapan Diumumkan?

ADVERTISEMENT

Kata Jokowi Harga Baru Pertalite cs Masih Dihitung, Jadi Kapan Diumumkan?

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 02 Sep 2022 05:59 WIB
Presiden Joko Widodo menggelar rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/12). Ratas tersebut membahas soal penyaluran dana desa Tahun 2020.
Kata Jokowi Harga Baru Pertalite cs Masih Dihitung, Jadi Kapan Diumumkan?/Foto: Rengga Sancaya
Tembagapura -

Beredar kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah memegang harga baru untuk BBM Pertamax dan Pertalite. Bahkan disebutkan bahwa pengumuman kenaikan dilakukan 1 September 2022 kemarin.

Presiden Jokowi pun menepis kabar tersebut. Nyatanya pada 1 September juga tidak dilakukan pengumuman. Dia menegaskan bahwa terkait harga BBM masih dalam proses perhitungan yang sangat hati-hati.

"BBM semuanya masih pada proses dihitung, dikalkulasi dengan hati-hati," tegasnya di Tembagapura, Mimika, Papua, Kamis (1/9/2022).

Jokowi menegaskan hal itu usai meresmikan teknologi 5G mining di Tera Shop, Tembagapura. Jokowi bahkan mengulangi perkataannya sebagai penegasan.

"Masih dalam proses dihitung dengan kehati-hatian," tegasnya.

Sebelumnya dikutip dari CNBC Indonesia, harga baru Pertalite dan Solar bahkan disebut sudah dikantongi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dua jenis BBM subsidi ini memang santer dikabarkan bakal naik dalam waktu dekat.

Ada beberapa alternatif kenaikan harga Pertalite. Disebutkan, harga Pertalite akan berada di kisaran Rp 8.500-10.000 per liter. Kenaikan harga Pertalite itu kabarnya tinggal menunggu keputusan Jokowi.

"Ada beberapa alternatif (harga BBM) tinggal diputuskan Presiden," terang sumber kepada CNBC Indonesia dikutip detikcom, Rabu (31/8/2022).

Saat ini harga BBM Pertalite yang dijual di SPBU dijual Rp 7.650 per liter, sementara harga BBM Solar Subsidi hanya Rp 5.150 per liter.

Sayangnya memang, kepastian waktu kenaikan harga BBM Pertalite dan Solar Subsidi ini masih hanya diketahui oleh Jokowi. Pasalnya, dalam Rapat terbatas (ratas) di Istana Negara Senin (29/8) lalu, Jokowi masih belum memberi tahu jadwal kapan harga baru BBM ini akan diumumkan.

"Semua peserta rapat dengan presiden kemarin juga nggak ada yang dikasih tahu," ungkap dia.

(das/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT