3 Pernyataan Pertamina Respons Kabar Beli Pertalite Pakai QR Code

ADVERTISEMENT

3 Pernyataan Pertamina Respons Kabar Beli Pertalite Pakai QR Code

Ilyas Fadilah - detikFinance
Sabtu, 03 Sep 2022 12:30 WIB
Sejumlah pegguna jalan di salah satu SPBU di Kota Malang daftar My Pertamina
Foto: Muhammad Aminudin/detikJatim
Jakarta -

Beredar kabar mulai minggu depan beli BBM Pertalite harus menggunakan QR Code MyPertamina. Informasi ini didapat tim detikcom saat mengisi BBM tersebut di salah Satu SPBU Pertamina.

Petugas di SPBU menyampaikan minggu depan pengisian BBM harus menggunakan barcode MyPertamina. Pihak Pertamina pun buka suara. Kepada detikcom, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting menegaskan tiga poin berikut ini:

1. Pertamina Patra Niaga saat ini belum memberlakukan penggunaan QR code sebagai syarat untuk transaksi pembelian BBM subsidi di SPBU. Pertamina masih menunggu kebijakan dari pemerintah selaku regulator, termasuk hasil revisi Perpres 191/2014 terkait ketentuan masyarakat yang berhak menggunakan Jenis BBM Tertentu (JBT) Solar dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) Pertalite.

2. Pertamina Patra Niaga saat ini fokus pada proses pendaftaran, sosialisasi dan uji coba serta pengembangan sistem digitalisasi di SPBU, serta melakukan sosialisasi kepada operator di lapangan. Sehingga masyarakat yang belum memiliki QR code saat ini masih dapat melakukan pembelian BBM subsidi.

3. Saat ini, pendaftaran untuk konsumen kendaraan roda 4 pengguna BBM subsidi yakni Solar dan Pertalite, masih dibuka. Masyarakat yang belum mendaftarkan kendaraannya dihimbau untuk segera registrasi melalui website https://subsiditepat.mypertamina.id/ atau datang langsung ke booth pendaftaran offline pada lokasi berikut https://mypertamina.id/lokasi-pendaftaran-offline-bbm-subsidi-tepat

"Untuk informasi mengenai program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135," tutur Irto.

(hns/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT