ADVERTISEMENT

Danone-AQUA Operasikan PLTS Atap Terbesar di Bali, Kurangi 882 Ton CO2

tim detikcom - detikFinance
Minggu, 04 Sep 2022 21:34 WIB
A boat pulls solar panels towards a floating photovoltaic power plant on lake Silbersee (Lake Silver) in Haltern am See, Germany, April 11, 2022. Picture taken with a drone. REUTERS/Erol Dogrudogan     TPX IMAGES OF THE DAY
Ilustrasi PLTS (Foto: REUTERS/Erol Dogrudogan)
Jakarta -

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap di kawasan pabrik Danone-AQUA Mambal, Kabupaten Badung, Bali. Ini dibangun atas kerja sama dengan Berkeley Energy Commercial Industry (BECIS).

PLTS Atap di pabrik Mambal merupakan yang terbesar yang diinisiasi oleh industri di Bali. Dengan kapasitas sistem sebesar 704 kilowatt peak (kWp), dapat menghasilkan listrik sebesar 1.050 megawatt hour (MWh) per tahun dan dapat mengurangi sebesar 882 ton CO2 per tahun.

Luhut mengapresiasi upaya Danone-AQUA karena telah memitigasi perubahan iklim dengan mengurangi jejak karbonnya. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan mendukung fokus pemerintah dalam penggunaan energi terbarukan dan berinovasi menjalankan roda bisnis yang berkelanjutan.

Hal ini juga sekaligus memperkuat komitmen Indonesia terhadap fokus Presidensi G20 tentang pemanfaatan energi terbarukan yang tengah berlangsung saat ini.

"Salah satu isu prioritas pada Presidensi G20 Indonesia di tahun 2022 ini adalah bagaimana mencapai karbon netral dan memaksimalkan penggunaan energi terbarukan untuk mengatasi perubahan iklim. Pemerintah terus mengembangkan transisi dari bahan bakar fosil menuju penggunaan energi bersih," tutur Luhut dalam keterangan tertulis, Minggu (4/9/2022).

CEO Danone Indonesia Connie Ang mengatakan perubahan iklim merupakan tantangan yang semakin mengemuka dan efeknya sangat dirasakan saat ini. Sebagai perusahaan yang mengusung visi One Planet One Health, pihaknya percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan.

"Mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari upaya perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sejahtera. Danone berkomitmen turut memitigasi perubahan iklim dengan ambisi penggunaan energi listrik terbarukan hingga 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050," bebernya.

Danone-AQUA merupakan pelopor pemanfaatan PLTS Atap di industri dalam negeri sejak 2017. Peresmian PLTS Atap Pabrik Mambal merupakan rangkaian perwujudan komitmen penerapan PLTS Atap di seluruh pabrik Danone-AQUA di Indonesia.

Sebelumnya pemasangan sudah dilakukan di fasilitas pabrik Danone-AQUA di Ciherang, Banyuwangi, Klaten, dan Mekarsari. Inisiatif ini merupakan komitmen berkelanjutan Danone-AQUA terhadap lingkungan dan juga pemanfaatan energi terbarukan di Indonesia.

Selain menggunakan PLTS Atap, Pabrik Danone-AQUA Mambal juga telah memiliki Renewable Energy Certificate (REC) dari PLN sebesar 800 MWh dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mempercepat pencapaian target bauran energi baru terbarukan di Indonesia sebesar 23% pada 2025.

Dalam rencana strategis perusahaan, PLTS Atap di seluruh pabrik Danone-AQUA total akan mencapai kapasitas lebih dari 15 megawatt peak (MWp) pada 2025 dan mampu menghasilkan tenaga listrik sebesar 21 GWh sekaligus mengurangi emisi karbon hingga 16.633 ton CO2 per tahun. Saat ini total penggunaan PLTS Atap di lima pabrik Danone-AQUA di Indonesia telah mencapai kapasitas 6,9 MWp.

(aid/dna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT