Beli Pertalite Pakai MyPertamina Jadi Nggak Sih Pak Erick?

ADVERTISEMENT

Beli Pertalite Pakai MyPertamina Jadi Nggak Sih Pak Erick?

Danang Sugianto - detikFinance
Rabu, 07 Sep 2022 14:52 WIB
Erick Thohir
Foto: Erick Thohir. (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Pemerintah telah menaikkan harga BBM untuk Pertalite, Solar dan Pertamax. Lalu kapan penerapan pembelian Pertalite menggunakan MyPertamina direalisasikan?

Menjawab pertanyaan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menjelaskan penerapan MyPertamina untuk pembelian Pertalite sebenarnya eksekusinya dilakukan oleh Pertamina dan Telkom untuk melakukan sinergi data base.

"Karena ada SPBU Pertamina yang belum memakai MyPertamina, tapi ada juga Telkom yang belum menginstall dari pada chip-chipnya, ada teknologinya," tuturnya di Gedung Bank Mega, Jakarta, Rabu (7/9/2022).

Erick menegaskan bahwa penerapan MyPertamina secara menyeluruh di seluruh SPBU Pertamina butuh waktu. Menurutnya persiapannya butuh waktu sekitar 2-3 bulan.

"Tapi itu kan bukan pembatasan, tapi kuota sekarang sudah disepakati dibuka. Tapi untuk ke depan kita harus memastikan yang namanya subsidi tepat sasaran. Kita tidak mungkin subsidi yang mampu, makanya MyPertamina itu berjalan," tambahnya.

Penerapan kebijakan pembelian Pertalite dan Solar subsidi menggunakan MyPertamina sendiri sebenarnya menunggu revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kalau kami di BUMN kan menunggu penugasan hasil diskusi dari banyak kementerian. Yang terpenting kalau saya mau penugasan ini tepat sasaran dan efektif. Itulah kenapa seluruh penugasan yang ada di BUMN harus disepakati oleh 3 menteri, yaitu menteri yang menugaskan, kami Menteri BUMN yang mengelola penugasan itu dan Menteri Keuangan," tutupnya.

Simak Video: Yuk Cek Lagi Cara Daftar BBM Subsidi di MyPertamina

[Gambas:Video 20detik]



(das/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT