Pertamina Investigasi Penyebab Kebakaran di Tangki BBM Balongan

ADVERTISEMENT

Pertamina Investigasi Penyebab Kebakaran di Tangki BBM Balongan

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 08 Sep 2022 14:12 WIB
Pemadam kebakaran menjinakan api.
dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: dikhy sasra
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) tengah melakukan investigasi penyebab kebakaran yang terjadi pada PV Valve area tangki yang terdapat di Integrated Terminal (IT) Balongan. Kebakaran terjadi sekitar pukul 23.40 WIB.

Hal itu disampaikan Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat, Eko Kristiawan dalam keterangannya, Kamis (8/9/2022).

"Pertamina dengan sigap menanggulangi insiden yang sempat terjadi pada PV Valve area tangki yang terdapat di Integrated Terminal Balongan, kejadian sekitar pukul 23.40 WIB dan penyebab kebakaran masih dalam investigasi," katanya.

Dia menjelaskan, upaya pemadaman dilakukan secara intensif dengan menggunakan truk pemadam kebakaran (fire truck) dan sarfas pemadaman yang tersedia di IT Balongan pada PV Valve yang terbakar. Sedangkan, untuk tangki di sekitar dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah merambatnya kebakaran.

"Api padam pada pukul 01.03 WIB dan dilanjuti dengan pendinginan pada tangki terdekat," ujarnya.

Dia mengatakan, tak ada korban dalam insiden ini. Dia mengatakan, penyaluran BBM di IT Balongan berjalan normal.

"Tidak ada korban atas insiden tersebut, pada pagi ini kondisi aman terkendali dan operasional penyaluran BBM di IT Balongan berjalan normal. Pertamina Patra Niaga memastikan pasokan BBM masyarakat dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan," ujarnya.



Simak Video "Dahsyatnya Kebakaran Kilang Pertamina di Balongan"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT