Pertamina Bakal Garap Proyek Masela, Ini Proses yang Lagi Berjalan

ADVERTISEMENT

Pertamina Bakal Garap Proyek Masela, Ini Proses yang Lagi Berjalan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 08 Sep 2022 22:35 WIB
Kantor Pertamina
Foto: Rengga Sancaya: Dirut Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan rencana masuk ke proyek gas Masela di Maluku.
Jakarta -

PT Pertamina (Persero) bakal masuk menggarap proyek gas alam di Blok Masela, di Maluku. Pertamina akan menggantikan hak partisipasi Shell Upstream Overseas Ltd.Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan pihaknya sudah membuka pembicaraan dengan Inpex untuk masuk ke dalam proyek Masela.

Nicke menjelaskan dalam waktu dekat Pertamina akan sesegera mungkin melakukan studi kelayakan. Termasuk mengkaji urusan komersial dan bisnis.

"Masela, kami sudah NDA dengan Inpex, dan sesegera mungkin mereka akan buka data room dan kami lakukan due diligence. Artinya kami nyatakan minat namun proses berikutnya ada tahap mesti dilalui," kata Nicke dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR, Kamis (8/9/2022).

"Ujungnya bicara soal commercial, dan feasibility tentang harga dan sebagainya," sebutnya.

Menurutnya, perusahaan berminat untuk ikut andil dalam pengembangan Blok Masela yang disebut Nicke sebagai cadangan gas besar. Apalagi, faktanya neraca gas Indonesia makin turun nilainya. Bahkan, neraca gas Indonesia bisa defisit di tahun 2026.

"Intinya, kami berminat. Karena ini merupakan giant discovery yang bisa meningkatkan cadangan dan produksi gas. Karena neraca gas cenderung decline, di atas 2026 bisa defisit," kata Nicke.

Di halaman berikutnya penjelasan Kepala BKPM soal keterlibatan Pertamina di Blok Masela

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT