Subsidinya Dicabut, Harga BBM di Kenya Cetak Rekor Tertinggi!

ADVERTISEMENT

Subsidinya Dicabut, Harga BBM di Kenya Cetak Rekor Tertinggi!

Ilyas Fadilah - detikFinance
Jumat, 16 Sep 2022 17:37 WIB
Deputy President and presidential candidate William Ruto leaves after casting his vote in Kenyas general election in Sugoi, 50 kms (35 miles) north west of Eldoret, Kenya, Tuesday Aug. 9, 2022. Kenyans are voting to choose between opposition leader Raila Odinga and Ruto to succeed President Uhuru Kenyatta after a decade in power. (AP Photo/Brian Inganga)
Foto: AP/Brian Inganga
Jakarta -

Presiden baru Kenya William Ruto menghapus subsidi BBM yang dianggap membebani kas negara. Kebijakan ini diambil sehari setelah ia dilantik pada 13 September 2022.

Otoritas Regulasi Energi & Perminyakan Kenya menghapus subsidi BBM dan menaikkan harganya sebesar 13%. Harga BBM di Kenya pun menyentuh level tertingginya.

Dikutip dari kenyans.co.ke, Jumat (16/9/2022), harga BBM jenis Super Petrol naik sebesar Ksh 20 atau Rp 2.480 ke rekor tertingginya yaitu Ksh 179,30 atau Rp 22.223 per liter. Diesel naik jadi Ksh 165 atau Rp 20.460 per liter, sementara Minyak Tanah naik 20 Ksh menjadi Ksh 147,94 atau Rp 18.344 per liter di Nairobi.

Di Mombasa, satu liter bensin, solar, dan minyak tanah akan dijual masing-masing seharga Rp 21,824, Rp 20,182 dan Rp 18.065.

Masyarakat di Kenya sendiri banyak yang masih menggunakan BBM untuk penerangan, memasak, dan masih bergantung pada transportasi umum.

Ruto memang menghadapi tugas ganda, yaitu menstabilkan keuangan negara dan mengendalikan lonjakan harga-harga. Utang Kenya menggelembung menjadi Ksh 8,6 triliun atau US$ 71 miliar pada bulan Juni. Angka ini meningkat dibanding tahun 2013 yang sebesar Ksh 1,9 triliun.

"Penghapusan subsidi BBM menjadi langkah yang disambut baik karena mengakui ruang fiskal yang sangat terbatas yang dimiliki Kenya," kata perwakilan negara IMF Tobias Rasmussen.

Atas hal ini, kepala penelitian Standard Chartered untuk Afrika dan Timur Tengah, Razia Khan memprediksi lonjakan inflasi akan terjadi di Kenya. Inflasi bisa menyentuh dua digit pada kuartal keempat akibat tekanan harga global.

Pemerintah menghabiskan Ksh 280 miliar untuk subsidi BBM hingga akhir tahun fiskal pada bulan Juni. Menurut Ruto jumlah ini setara dengan jumlah anggaran pembangunan.

"Kami mengharapkan presiden untuk membuat beberapa kebijakan yang tidak populer, sebanyak kami juga mengharapkan yang sebaliknya ketika dia berusaha untuk menepati janji untuk mengurangi biaya hidup," kata Renaldo D'Souza, kepala penelitian di Nairobi Sterling Capital Ltd.

"Sudah jelas sejak awal bahwa subsidi bahan bakar tidak berkelanjutan dalam jangka panjang," tambahnya.

Ruto mengatakan subsidi terpisah untuk jagung, yang digunakan untuk membuat makanan pokok yang dikenal sebagai ugali, menelan biaya sebanyak Ksh 7 miliar hanya dalam satu bulan. Daripada menargetkan bantuan pada konsumen, pemerintahan yang baru akan berusaha mengurangi biaya produksi pangan dan meningkatkan output dengan mensubsidi input seperti pupuk dan benih berkualitas.

Sebagai langkah pertama, 1,4 juta karung pupuk akan ditawarkan kepada petani seharga Ksh 3.500 mulai minggu depan. Ini Ksh 3.000 shilling lebih murah dari harganya saat ini.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT