ADVERTISEMENT

Menguji Data Rizal Ramli 120 Juta Pengguna Pertalite Naik Motor Buat Kerja

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 19 Sep 2022 15:08 WIB
Rizal Ramli
Foto: Faiq Azmi
Jakarta -

Ekonom senior Rizal Ramli mengungkap bahwa pengguna BBM bersubsidi seperti Pertalite adalah masyarakat kelas menengah ke bawah. Khususnya pengendara motor yang menggunakan kendaraannya untuk bekerja dan mengantar anggota keluarganya.

"Mohon maaf mayoritas yang pakai Pertalite itu 120 juta pengendara sepeda motor, yang menggunakan motornya untuk bekerja dan anter istri & anak. Rata-rata 240 juta orang naik motor, itulah golongan menengah bawah," ungkapnya, dalam keterangan tertulis, Senin (19/9/2022).

Melihat pernyataan Rizal, bagaimana data sebenarnya pengguna dari BBM bersubsidi Pertalite dan Solar?

Beberapa waktu lalu, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengungkap data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) yang mencatat pengguna dari BBM bersubsidi. Hal itu diungkapkan Nicke ketika rapat kerja dengan Komisi VI Kamis (8/9) lalu.

Berdasarkan Susenas, Nicke mengungkap pengguna BBM subsidi 80% adalah orang mampu. Hanya 20% orang tidak mampu saja yang menggunakan BBM subsidi.

"Data Susenas memaparkan masyarakat Indonesia yg dibagi jadi 10 desil (kelompok) di mana kalau kita lihat solar sampai dengan desil 1-4 (masyarakat golongan pendapatan rendah) hanya konsumsi 20% saja. Kemudian, 80% desil 5 ke atas," ungkap Nicke

Data itu menunjukkan, Pertalite sejauh ini kebanyakan dinikmati oleh kendaraan roda empat. Setidaknya, 70% kuota Pertalite subsidi dinikmati roda empat, 30% sisanya dinikmati oleh kendaraan roda dua.

Untuk kendaraan roda empat yang menikmati Pertalite subsidi mayoritasnya adalah mobil pribadi yang mencapai 98,7% pengguna roda empat. Sisanya, 0,6% adalah taksi online, 0,4% adalah angkot, dan 0,3% taksi pelat kuning.

Simak video 'Buntut Harga BBM Naik, Survei Tingkat Kepuasan Kinerja Jokowi Turun 10%':

[Gambas:Video 20detik]



Bersambung ke halaman selanjutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT