ADVERTISEMENT

Sah! Holding dan Subholding PLN Resmi Terbentuk

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 21 Sep 2022 13:02 WIB
Peluncuran Subholding PLN
Foto: Peluncuran Subholding PLN/Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta -

Holding dan sub holding PT PLN (Persero) akhirnya resmi terbentuk. Hal ini ditandai dengan peluncuran holding dan sub holding PLN yang dilakukan Menteri BUMN Erick Thohir.

Dalam sambutannya, Erick Thohir mengatakan, PLN merupakan jantung Indonesia. Dia juga mengatakan, industrialisasi membutuhkan listrik.

"Konteksnya bagian penting kebangkitan industri Indonesia," katanya dalam peluncuran holding subholding PLN, di Kantor Pusat PLN Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Dia mengatakan, sebagai jantung maka semakin lama kesehatannya pasti berkurang. Maka itu, PLN harus dirawat kesehatannya.

"Penyehatan PLN tak lain untuk pertumbuhan ekonomi. Jantung ini harus kita rawat mekanisme secara operasional pun harus transformasi," katanya.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan, dua setengah tahun lalu Menteri BUMN Erick Thohir memberikan arahan kepada PLN melakukan inovasi, transformasi dan efisiensi di mana digitalisasi menjadi pondasinya. Digitalisasi ini mencakup banyak hal dari pembangkit, transmisi, sistem keuangan, pengadaan hingga pelayanan pelanggan.

"Hasilnya sistem pelayanan pelanggan sudah lebih cepat dan sistem keuangan, pengadaan sudah lebih efisien, sistem operasional juga lebih andal," katanya.

Namun hal itu tak cukup. Erick Thohir, kata Darmawan, meminta agar PLN untuk melakukan transformasi 4.0.

"Beliau memberi arahan agar PLN melakukan transformasi 4.0 perubahan struktur organisasi dalam bentuk holding dan subholding," ujarnya.



Simak Video "Perhatian! Golongan Listrik Orang Miskin 450 VA Bakal Dihapus"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT